Beranda Pendidikan dan Olah Raga Benarkah Kentut Itu Menjijikkan ???

Benarkah Kentut Itu Menjijikkan ???

0
Benarkah Kentut Itu Menjijikkan ???

Transversal Media – Banyak orang menganggap kentut itu menjijikkan, jorok, dan suaranya sebagai bahan candaan sehingga banyak orang tertawa mendengar suaranya. Akan tetapi banyak orang yang belum mengerti pentingnya kesehatan yang terkandung didalamnya.

Menurut pakar kesehatan menyebutkan bahwa dalam sehari, rata-rata kita akan mengeluarkan kentut sebanyak 14 kali. Tidak semua kentut yang kita keluarkan akan mengeluarkan bunyi atau bau. Yang menarik adalah, kentut yang memiliki bau yang kuat ternyata justru menandakan bahwa kita telah mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat dan adanya bakteri baik pada usus kita.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Exeter, Inggris, kita bahkan sebaiknya tidak perlu lagi menutup hidung andai merasakan bau kentut dari orang lain di sekitar kita. Menurut para peneliti, gas yang ada pada kentut ini ternyata bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit seperti demensia, penyakit jantung, kanker, atau bahkan arthritis. Hal ini disebabkan oleh keberadaan kandungan gas hydrogen sulfida di dalam kentut.

Sebagai informasi, gas ini diproduksi oleh bakteri yang ada di dalam perut saat memecah makanan. Dengan menghirup aroma gas ini, maka resiko untuk terkena kerusakan mitokondria atau organel yang memiliki peran besar pada respirasi akan menurun. Sebagai informasi, peran mitokondria ini sangatlah penting bagi tubuh kita mengingat kemampuannya dalam menghasilkan energi yang berasal dari nutrisi makanan kita. Jika mitokondria ini rusak, maka ada kemungkinan daya tahan tubuh menurun sehingga kita pun akan lebih mudah jatuh sakit.

Bagaimana menurut kalian, apakah tetap menutup hidung ??

(sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here