image_pdfimage_print

Transversal Media – Nanti malam, Rabu 31 Januari 2018 terjadinya peristiwa Gerhana Bulan Total, tepatnya Super Blue Blood Moon. Masyarakat Jawa mempercayai jika adanya peristiwa Gerhana Bulan maka Buto Ijo (makhluk gaib raksasa) akan memangsa janin bagi para perempuan lagi hamil. Mitos ini sangat kental dan menjadi momok khususnya orang yang tidak menjalan tradisi liwetan. Hal ini melekat di sebagian masyarakat Jawa.

Liwet yang merupakan salah satu proses memasak nasi khas Indonesia ternyata telah ada sejak zaman nenek moyang. Maka dari itu jika orang menggelar tradisi liwetan maka dipercayai bisa mengusir Buto Ijo.

Salah satu Profesor Sastra Jawa Universitas Indonesia, Parwatri, menambahkan bahwa nasi hasil liwetan juga biasa disajikan dalam upacara adat Jawa yaitu wilujengan Jawa. Seperti malam midodareni yang merupakan syukuran sebelum upacara pernikahan berlangsung.

baca juga:  Anjing Setia Tunggu Majikannya Meskipun Meninggal Karena Corona

“Juga pada malam midodareni. Jam 24 diadakan majemukan doa dengan sesaji ambengan nasi liwet lauknya opor ingkung, trancam (kol, kecambah mentah, bawang merah utuh, dan bumbu urap), pecel pitik (ayam panggang suwir bumbu pecel), dan krupuk kulit (rambak),” ujarnya.

(Sumber)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB