Beranda Politik dan Pemerintahan “One Agency One Innovation, Inovasi Untuk Masyarakat”

“One Agency One Innovation, Inovasi Untuk Masyarakat”

0
“One Agency One Innovation, Inovasi Untuk Masyarakat”

Mojokerto (Transversalmedia) – Kota Mojokerto menjadi Laboratorium Inovasi Pelayanan Publik, yang digagas Lembaga Administrasi Negara (LAN). Bertempat di Ruang Nusantara Pemkot Mojokerto, Senin (2/4/2018), kegiatan ini dibuka Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus dengan dihadiri Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan diikuti seluruh Kepala OPD beserta pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto.

Kegiatan Laboratorium Inovasi Pelayanan Publik ini adalah untuk mendorong One Agency One Innovation, dan dalam rangka mewujudkan Nawa Cita serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Program One Agency One Innovation merupakan gagasan/ide kreatif yang orisinil maupun adaptasi/modifikasi untuk pelayanan publik yang memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat Kota Mojokerto. Program inovasi yang sebelumnya hanya program prioritas bidang, sekarang telah menjadi program prioritas nasional oleh Bappenas.

Menurut Andi Taufik selaku Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kota Mojokerto sudah cukup terkenal dan banyak program inovasi serta kreatifitas yang sudah dihasilkan. “Diharapkan pada program kegiatan ini seluruh OPD bisa menghasilkan inovasi-inovasi baru yang tujuannya meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Andi, inovasi adalah sesuatu yang dinamis dan berkembang bahkan masyarakat yang dilayani juga ikut berkembang. “Saluran informasi dari masyarakat juga semakin terbuka, karena itu cara melayani kita tentu harus mejadi lebih baik dan diperbarui dengan menciptakan inovasi-inovasi di dalam pelayanan public,” jelas Andi.

Andi juga menegaskan tentang Innovation Readiness Level (tingkat kesiapan inovasi daerah) yang utama adalah strong commitmen dari pucuk pimpinan dan Kepala Perangkat Daerah. “Membuat perubahan sama dengan menegakkan benang basah, harus dipegang dari atas bukan dari bawah, ini berarti bahwa inovasi harus dimulai dari unsur pimpinan. Pimpinan adalah role model dalam berinovasi,” tambah Andi.

Sementara itu, pada kesempatan ini Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus memaparkan program kegiatan Pemkot Mojokerto, keberhasilan dan permasalahan yang dihadapi Kota Mojokerto. “Kota Mojokerto tidak banyak memiliki Sumber Daya Alam, yang ada hanya SDM, oleh karena itu fokus pembangunan kota Mojokerto diarahkan pada peningkatan kualitas SDM, dengan visi untuk mewujudkan Kota Mojokerto sebagai Service City (kota pelayanan) yang maju, sehat, cerdas, sejahtera dan bermoral,” ungkapnya.

Mas’ud menjelaskan bahwa Kota Mojokerto adalah kota kecil tetapi menjadi salah satu kota penyangga pertumbuhan perekonomian Kota Surabaya. “Dengan semakin pendeknya jarak antara Mojokerto dan Surabaya kalau kita mampu menangkap luberan pertimbuhan ekonomi Kota Surabaya maka Kota Mojokerto semakin ramai tetapi kalau tidak mampu justru akan menjadi kota mati. Oleh karenanya, kita berupaya agar orang mencari produk jasa dan layanan masuk kota mojokerto, sehingga Kota Mojokerto akan ramai dan akan meningkatkan peredaran uang sekaligus peningkatan pertumbuhan ekonomi dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Mojokerto,” papar Mas’ud.

Pada kegiatan Laboratorium Inovasi Pelayanan Publik ini dilakukan penandatanganan komitmen Kepala Perangkat Daerah tentang inovasi pelayanan publik tahun 2018. Penandatangananan kali ini dilakukan secara simbolis antara Kepala Bakesbang Mojokerto Anang Fahruroji dengan Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus untuk membuat terobosan One Agency One Innovation, yang disaksikan Plt. Sekda Kota Mojokerto. Selanjutnya kegiatan diisi dengan asistensi untuk pejabat dari setiap OPD selama dua hari
(Na/Rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here