image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Komisi Pemilihan Umum Daerah atau KPUD Kota Mojokerto menggelar rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kota Mojokerto dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Mojokerto tahun 2018 di Hotel Raden Wijaya jln Raden Wijaya Kota Mojokerto. Kamis (5/7/2018).

Dari tahapan penghitungan suara Pilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kota Mojokerto, Pasangan calon nomor urut 4 lebih unggul. Inilah data hasil penghitungan suara tingkat kota Mojokerto dalam Pilwali dan Wawali :

  1. Ning Ita dan Cak Rizal dengan memperoleh 23.644 suara.
  2. Pasangan AKRAB memperoleh 19.853 suara.
  3. Pasangan ASRI memperoleh 19.477 suara.
  4. Pasangan Wali memperoleh 9.012 suara.
baca juga:  Panwaslu Sebut Nama Pelapor

Sedangkan jumlah suara tidak sah 4.483 suara sehingga total keseluruhan suara sah dan tidak sah terhitung 76.469 suara.

Untuk data jumlah pemilih terhitung 97.723 suara dengan data yang terhitung DPT, DPPh, dan DPTb / KTP-el / Surat Keterangan.

Perlu diketahui, untuk perolehan suara sah 71.986 suara sedangkan suara tidak hadir dan tidak sah mencapai 25.737 suara.

Sedangkan dari perbandingan Pilwali Kota Mojokerto tahun 2013, untuk data pemilih terhitung 94.265 suara, suara tidak sah 3.462, dan suara sah memperoleh 72.842. sehingga total suara tidak hadir dan tidak sah memperoleh 21.423 suara. Tingkat partisipasi Pilwali 2013 memperoleh 81.40 persen.

Sementara beberapa waktu lalu ketua KPU kota Mojokerto Saiful Amin pernah menargetkan 90 persen angka partisipasi Pilkada. Dalam kesempatan itu pula, Amin mengibaratkan tanggapan turunnya target itu, “Iya gak apa-apa, wong ngunu ae, iku kan wong jenenge target, target piala dunia juara, lolos semi final tok, yo gak papa, kate piye maneh !!!”, katanya.

baca juga:  EMPAT BALON TERANCAM DICORET

Mantan Wartawan Metro TV ini menambahkan, Perbandingan  jumlah DPT mengalami peningkatan. “Sebenarnya kalau dari sisi jumlah kalau dibandingkan dari DPT, itu justru itu mengalami peningkatan tapi ini karena pembandingnya daftar pemilih secara keseluruhan termasuk pindahan yaitu 7,9 persen sebenarnya itu meningkat,” paparnya saat di Hotel Raden Wijaya.

Saksi Paslon ASRI yaitu Masduki, mengatakan sangat menyayangkan jumlah partisipasi Pilkada yang ada di kota Mojokerto. “Sangat miris dari hasil Pilkada yang ada dikota Mojokerto ini. Karena pemenang Pilkada Kota Mojokerto ini masih kalah dengan angka Golput, angka tidak hadir, dan angka tidak sah. ini kan berarti kurangnya sosialisasi dari teman-teman KPU ke masyarakat Kota Mojokerto,” tegasnya.

baca juga:  Tidak Mengakui Hasil Pleno Rekapitulasi, Saksi Paslon AKRAB Walk Out

(Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB