image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Pemerintah kota Mojokerto meriahkan peringatan tahun baru Islam 1440 H, dalam peringatan itu, Pemkot memeriahkan dengan menggelar pawai ta’aruf, pemberangkatan ini langsung ditangani Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Harlistyati dari garis start di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) jalan Gajah Mada Mojokerto. Sabtu (29/9/2018)

Dalam laporannya, Plh. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Mojokerto, Choirul Anwar menyampaikan, peringatan tahun baru hijriah ini diselenggarakan dengan maksud untuk memperingati peristiwa penting hijrah Nabi Muhammad SAW sebagai tonggak awal penanggalan tahun baru Qomariah.

“Pawai ta’arruf pada peringatan tahun ini mengambil tema muslim nusantara. Diusungnya tema ini adalah untuk membangun kebersamaan diantara keragaman dan kebhinekaan budaya muslim yang ada di nusantara,” kata Anwar.

Disamping itu, lanjut Anwar, diselenggarakannya pawai taarruf ini adalah untuk meningkatkan silaturrahim, membangun ukhuwah Islamiyah serta untuk mensyiarkan Islam sebagai refleksi keimanan dan ketakwaan kita kepada Alloh SWT.

Pawai ta’aruf tahun ini diikuti oleh 99 orang peserta yang terbagi menjadi 4 kategori.  “Tingkat SD/MI 65 peserta,  tingkat SMP/MTS 17 peserta,  tingkat SMA/SMK/MA 9 peserta, dan tingkat pondok pesantren/umum sebanyak  8 peserta.

baca juga:  Banjir Jadi Keresahan Warga Kota Mojokerto

Rute yang dilalui pawai taarruf dengan start  depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Jl Pahlawan – Jl. Bhayangkara – Jl. P.B Sudirman – Jl. Letkol Sumarjo – dan Finish di depan Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto Jl. Hayam Wuruk No. 50.

Sementara itu Harlistyati mewakili Wakil Wali kota Mojokerto Suyitno menyampaikan melalui pawai ta’aruf ini para peserta dapat menampilkan seni budaya islami yang didalamnya  mengandung makna syiar islam, selain  itu juga untuk menggalang kebersamaan diantara para peserta dan masyarakat. “Hal ini merupakan upaya peningkatan ukuwah islamiyah, toleransi dan kebersamaan diantara warga Kota Mojokerto melalui kreasi budaya muslim nusantara yang tetap bersatu dalam kebhinekaan,” tutur Harlis.

Melalui pawai ta’aruf ini Harlis berharap dapat memupuk kesadaran generasi muda untuk tidak melupakan peringatan tahun baru islam serta merayakannya dengan nilai-nilai  budaya yang islami. “Oleh karena itu, dalam kesempatan ini saya mengapresiasi semangat anak-anakku para peserta pawai ta’aruf, semoga dengan mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan di kalangan generasi muda, serta dapat menghindari perilaku negatif di era globalisasi.” kata Harlis.

baca juga:  Inovatif, Ada Papan Sayur Gratis di Kampung Tangguh Gunungsari

Lebih lanjut Harlis mengingatkan, tahun baru ini mempunyai arti penting yakni sebagai momen untuk bermuhasabatunnafs atau untuk berintrospeksi diri. Ada sebuah pertanyaan yang patut kita renungka n,  sejauh mana perubahan dan peningkatan perilaku islami yang telah terjadi dalam diri dan kehidupan kita. “Mudah-mudahan melalui peringatan ini, dapat semakin memantapkan keimanan dan ketaqwaan kita.  kepada Allah SWT, sesuai dengan kitab suci al quran dan sunnah rasulullah saw.”kata Harlis mengakhiri sambutannya.

Usai pelaksanaan pawai ta’arruf, dari hasil penilaian Tim juri untuk kategori SD/MI diambil 10 peserta terbaik. Sebagai penyandang predikat terbaik 1 diraih oleh SDN Gedongan 1 dengan nilai (589,1), selanjutnya untuk terbaik 2 SDN Purwotengah 2 (576,8), terbaik 3 SDN Balongsari 1 (573,8), terbaik 4 SDI Little Camel (573), terbaik 5 SDN Wates 3 (559), terbaik 6 MI Nurul Huda 1 (555,6), terbaik 7 SDIT Permata (555,1), terbaik 8 SDN Meri 2 (550,9), terbaik 9 SDN Wates 5 (550,2) dan terakhir MI Darul Huda (546,6) adalah urutan  yg ke 10 terbaik.

baca juga:  Isu Mutasi Menguak Dimoment Pilkada, Ini Kritikan DPRD !!

Sementara itu untuk kategori SMP/MTs Predikat terbaik 1 diraih oleh SMPN 1 dengan nilai (580,3), terbaik 2 SMP Islam Brawijaya (558,7), terbaik 3 SMPN 9 (556,1), terbaik 4 SMPN 3 (549,2) dan  SMPIT Permata (543,2) penyandang terbaik ke 5.

Sedangkan Kategori SMA/SMK/MA penyabdang Predikat terbaik 1 adalah SMKN 2 dengan nilai (561,5), selanjutnya  terbaik 2 MAN Kota Mojokerto (554,9), terbaik 3 SMAN 3 (549,8), terbaik 4 SMK Taman Siswa (548,9) dan terbaik  ke 5 disandang oleh SMAN 2 dengan nilai (544,1).

Selanjutnya untuk kategori pondok pesantren/umum Predikat terbaik 1diraih oleh  PP Sabilul Muttaqin dengan nilai (526,3) sedangkan untuk terbaik 2 adalah PP Hidayatul Muntadien (518,9), terbaik 3 PP Al Khodijah (516,6), terbaik 4 PP Tarbiyatul Aulad (507,4) dan yang menempati urutan terbaik ke 5 adalah PP Al Hasyimiyah dengan nilai (503,4).

Hadir dalam pemberangkatan pawai ta’aruf jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, Camat dan Lurah,  pimpinan Pondok Pesantren dan Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA se Kota Mojokerto.

(Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB