image_pdfimage_print

Jakarta (transversalmedia) – Eggy Sudjana melontarkan pernyataan kontroversial pada saat forum Musyawarah Besar (Mubes) Pers Indonesia berlangsung di Gedung Sasono Utomo di Taman Mini Indonesia Indah, dalam aksinya Eggy diusir dari podium dan dilempar oleh peserta Mubes Pers. Selasa (18/12/2018).

Peristiwa itu terjadi saat Eggy membuat pernyataan yang kontroversial mengarah politik dengan mengatakan ganti presiden 2019 pada kesempatan yang diberikan kepadanya untuk memberikan sambutan terkait hukum.

Kehadiran Eggy sangat disambut baik, awalnya narasi yang disampaikan masih disambut baik bagi para peserta insan pers karena terkait hukum, namun diakhir pernyataan malah melontarkan yang tidak sepatutnya diucapkan atas pernyataan ganti presiden 2019.

baca juga:  Ketua PKL Ucapkan Terima Kasih Pada Posko Pengaduan Covid-19 PWI

Hal itu, secara spontanitas membuat sontak insan pers memaksa Eggy turun dari podium dan meninggalkan acara mubes, bukan hanya itu saja, Eggy sempat dilempar botol setelah mengeluarkan orasinya. Alasannya, karena dari awal sudah ditegaskan oleh Panitia pelaksana mubes tidak boleh ditunggangi politik.

Selain itu, berdasarkan surat Badan Pengelola dan Pengembangan TMII yang ditujukan ke Ketua Sekretaris bersama Pers Indonesia Nomor I.1005/TMII/T-XII/2018 perihal kegiatan di gedung Sasono Utomo TMII tertuang pada poin 2 tidak diperkenankan melakukan kegiatan politik.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Wilson Lalengke, bahwa kehadiran Eggy adalah undangan sebagai praktisi hukum bukan untuk membuat pernyataan politik.

“Ini adalah kecelakaan bagi panitia, karena adanya ucapan saudara Egi yang tidak semestinya disampaikan pada acara Mubes ini. Dan saya atas nama Panitia meminta maaf atas kejadian tersebut kepada seluruh peserta Mubes Insan Pers”, ungkapnya. 

(Gon)

baca juga:  Catatan Kritis di Hari 'Penjajahan' Pers Nasional
image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB