image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Menjelang hari raya Idul Adha, Wakil Walikota Mojokerto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah titik pedagang hewan qurban di sejumlah wilayah kota Mojokerto. Rabu (7/8/2019).

Dalam sidak kali, Wawali Ahmad Rizal Zakaria langsung memimpin ke lokasi dengan di dampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kota Mojokerto, Happy Dwi Prasetyo untuk mengawasi ketat hewan qurban yang dijual pedagang untuk kebutuhan Idul Adha.  Langkah ini untuk memastikan kualitas dan kesehatan hewan kurban.

”Sidak kali ini Pemkot ingin memastikan hewan qurban yang dijual harus memenuhi syarat, keadaan sehat dan tidak cacat”, kata Rizal.

baca juga:  Proyek Belum Kantongi Izin

Rizal juga mengaku, dokter hewan dari DKPP juga sudah menyeleksi kepada para pedagang, untuk melakukan tes kesehatan pada hewan qurban. “Hewan-hewan ini sudah diperiksa oleh dokter-dokter dari DKPP dipastikan yang dijual ini dalam keadaan sehat dan memenuhi syarat”, ujarnya.

Sementara kepala DKPP, Happy mengatakan ia memerintahkan petugas untuk melakukan pemantauan, banyaknya pedagang hewan dadakan muncul, pihaknya melakukan pendataan.  Terutama soal kapasitas hewan yang dijual berikut asal usulnya.

Bukan hanya itu saja, pihaknya juga langsung melakukan cek kesehatan hewan kurban untuk memastikan layak jual. Pemantauan seperti ini akan dilakukan terus menerus hingga hari H penyembelihan.

baca juga:  DPRD Dan Pemkot Setujui Dua Raperda

Selanjutnya, pihaknya juga mengaku sudah memberikan pelatihan penyembelihan hewan qurban kepada panitia.

(Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB