image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Langkanya Alat Pelindung Diri (APD) tidak menyurutkan Dinas Kesehatan Kota Mojokerto mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) ke semua Puskesmas dan rumah sakit di seluruh Kota Mojokerto, Kamis (2/4 /2020). Hal ini dilakukan karena persediaan APD di Puskesmas dan rumah sakit dalam menangani pasien terdampak Covid-19 semakin menipis.

“Petugas medis merupakan garda terdepan dalam rangka memerangi penyebaran Covid-1. Persediaan APD untuk petugas medis baik di Puskesmas maupun rumah sakit sudah semakin menipis. Makanya kita pasok agar tidak sampai kehabisan APD,” ujar Kepala Dinkes Kota Mojokerto Christina Indah Wahyu.

APD yang dikirim berupa cover all yakni baju medis, masker bedah biasa dan masker N 95 yang cenderung mampu menghalau percikan air liur dan partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus.

baca juga:  Semarak HUT Kota Mojokerto ke-100

“Untuk sementara hanya untuk petugas medis di Puskesmas dan rumah sakit. Kalau ada lagi nanti akan diperuntukkan petugas kepolisian, TNI, dan lainnya yang membatu kita dalam memerangi Covid-19. Sedangkan untuk dinas sudah melakukan pengadaan masing-masing,” katanya.

Porsi pendistribusiannya berbeda-beda antara rumah sakit rujukan dan rumah sakit lainnya. Porsi untuk Puskesmas juga berbeda dengan rumah sakit. Porsi untuk RSUD Wahidin Sudirohusodo sebagai rumah sakit rujukan paling banyak dibandingkan rumah sakit lainnya. Sedangkan Puskesmas lebih sedikit lagi dibanding rumah sakit

 “Antar Puskesmas juga berbeda-beda porsinya. Puskesmas yang banyak menangani kasus Covid-19 mendapatkan porsi yang lebih banyak dibandingkan Puskesmas yang tidak menangani Covid-19 ,” jelasnya.

baca juga:  Keluarga Berkualitas Awal Mula Menuju Kemajuan Mojokerto

Sedangkan anggarannya bersumber dari anggaran cukai rokok yang ada di Dinas Kesehatan sendiri. “Memang ada arahan untuk menggeser anggaran lain digunakan untuk menangani Covid-19 tapi kita masih pakai anggaran sendiri,” pungkasnya.

(Tim)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB