image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Kesungguhan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, salah satunya ditunjukkan dengan memperbanyak pasar rakyat. Rabu (29/42020), Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meresmikan Pasar Prapanca. Pasar yang terletak di Jalan Prapanca ini merupakan pasar tradisional atau pasar rakyat.

Peresmian pasar ini dilakukan dengan sangat sederhana dan sesuai protocol kesehatan karena memang bertepatan dengan bulan puasa dan di tengah mewabahnya Covid – 19. Tidak  banyak pejabat yang hadir dalam acara tersebut, tampak hadir Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakaria, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ruby Hartoyo, dan Kabag Humpro Hatta Amrullah.

Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, mengatakan, salah satu program prioritas Pemkot Mojokerto yakni program ekonomi kerakyatan dimana bentuk kegiatannya menyiapkan sarana dan prasarana pasar rakyat di masing-masing kelurahan. 

baca juga:  FPG Kota Mojokerto Bagikan 10 Ribu Masker

“Salah satunya yang sudah terwujud yakni Pasar Prapanca ini. Pasar rakyat ini bisa dijadikan sebagai area berdagang masyarakat Kelurahan Mentikan dan Kelurahan Kauman,” ujar Wali Kota Mojokerto perempuan pertama.

Pasar yang yang berhimpitan dengan pasar hewan dan pasar sepeda ini tersedia 104 los dan 11 kios. Dengan demikian ada 115 pedagang yang berjualan di pasar ini. Selain itu masih ada tempat longgar yang dapat dimanfaatkan untuk warung. Sehingga jumlah pedagangnya masih bisa bertambah. 

“Kalau ada warungnya kan bisa lebih nyaman dan sehat. Jadi warungnya tidak bercampur dengan pasar hewan,” imbuhnya.

Lebih jauh dikaatakan, output yang diharapkan nantinya ekonomi kerakyatan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya bagi pedagang dengan modal kecil yang ada dipasar. 

baca juga:  Solusi Bagi Kartu BPJS Hilang

Kemudian kebersihan dan kesehatan, dengan area berdagang yang layak maka kebersihan dan kesehatan lebih terjaga dibandingkan jika masyarakat berdagang secara liar dan tidak terkondisikan. “Makanya kebersihan pasar ini senantiasa harus dijaga,” tandasnya.

(Adv/Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB