Beranda Politik dan Pemerintahan Pemkab Salurkan BLT Dana Desa Kecamatan Mojosari

Pemkab Salurkan BLT Dana Desa Kecamatan Mojosari

0
Pemkab Salurkan BLT Dana Desa Kecamatan Mojosari

Mojokerto (transversalmedia) – Pemerintah Kabupaten Mojokerto menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT Dana Desa), pada 14 desa di Kecamatan Mojosari. Total ada 42 penerima manfaat (masing-masing 3 orang tiap desa).

Tujuan pemberian bantuan ini adalah untuk meringankan beban masyarakat miskin dan rentan yang terdampak wabah Covid-19, sehingga menyebabkan menurunnya kesejahteraan sosial masyarakat.

Selain itu, bantuan diberikan sebagai upaya meningkatkan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi. Bantuan diberikan secara simbolis oleh Bupati Mojokerto Pungkasiadi, Rabu (20/5/2020) pagi di Pendapa Kantor Kecamatan Mojosari.

Faizun Camat Mojosari pada laporan sambutan menjelaskan teknis penyaluran BLT Dana Desa yang sudah tuntas di wilayahnya.

“BLT Dana Desa tunai yang ada di Mojosari ini sudah clear. Seluruhnya diserahkan sebelum lebaran. Hari ini dilakukan secara simbolis, nanti sore yang cair untuk Desa Seduri dan Kedung Gempol, yang jelas semua yang ada di Mojosari sudah clear,” kata Camat Mojosari.

Bupati Pungkasiadi pada sambutan arahan menekankan bahwa penyaluran bantuan ini jangan sampai dobel. Dirinya berharap agar bantuan sejumlah Rp 600 ribu yang diberikan selama tiga bulan tersebut,  diberikan secara merata kepada yang berhak.

“Dua minggu lalu bantuan yang Rp 600 ribu itu sudah mulai cair semua.  Saya selalu pesan agar jangan sampai dobel penerimanya. Sebelum lebaran, saya harap sudah selesai semua,” kata Bupati Pungkasiadi saat penyerahan bantuan.

Bupati yang akrab disapa Abah Ipung, ingin agar bantuan ini digunakan sebaik mungkin dan dibelanjakan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

“Bila perlu belanja sembakonya di warung-warung yang ada di desa saja, sehingga dana ini tidak keluar tapi berputar di desa. Sehingga yang memiliki warung juga mendapatkan dampak yang baik dari pemberian bantuan,” imbuh bupati.

Selain pesan tentang penyaluran BLT DD secara tepat, bupati juga memberi imbauan terkait perayaan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah tahun 2020. Meneruskan imbauan dari Pemerintah Pusat, Bupati Pungkasiadi meminta agar masyarakat melaksanakan salat Idulfitri di rumah bersama keluarga, termasuk imbauan agar tidak mengadakan takbir keliling demi mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

“Salat Idulfitri tahun ini akan berjalan spesial, karena berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kita bisa menunaikannya di rumah bersama keluarga. Ini upaya kita untuk memotong mata rantai penyebaran Covid-19. Kami minta bantuan dan kerjasama masyarakat untuk taat imbauan tersebut. Jangan lupa rajin cuci tangan, pakai masker, dan tolong jangan mudik,” pesan bupati.

Acara ini turut dihadiri PLT Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas PMD Kabupaten Mojokerto, perangkat desa se-Kecamatan Mojosari, OPD terkait, serta BPKP Jawa Timur.

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here