image_pdfimage_print

Madiun (transversalmedia) – Jika kita melihat atau mendengar obrolan terkait makam pastinya terkesan seram dan aura mistis. Akan tetapi, ini berbeda jika menginjakkan kaki ke tempat pemakaman umum (TPU) RW 05, Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Justru terlihat bersih, rapi, indah dan penuh warna.

Semua berubah ketika, Dinas Pertamanan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun mengadakan lomba kebersihan makam. Karniel mengumpulkan ketua RT/RW untuk membahas makam mana yang akan diikutkan lomba. Akhirnya hasil jerih payah TPU di Kelurahan Tawangrejo, Kota Madiun tersebut, terpilih meraih juara I lomba kebersihan makam yang digelar Dinas Perkim ssetempat

“Dulu Makam Nguwot jadi langganan banjir. Sekarang tidak lagi,” ujar Karniel, Lurah Tawangrejo, Seperti yang dilansir Times Indonesia.

Dari informasi yang dihimpun. di Kelurahan Tawangrejo ada lima TPU dan tiga makam pribadi. Ternyata respons warga di lingkungan RW 05 cukup bagus. Mereka antusias dan mau berswadaya dan bergotong-royong membenahi area Makam Nguwot.

baca juga:  Viral, Video Siksaan Gadis Remaja
Makam Nguwot Madiun

Hal itu dilakukan dengan cara mengajak warga bergotong-royong dan kerja bakti membersihkan makam tersebut setiap minggu sekali. Selain membersihkan, warga juga  menambah penerangan di areal makam.

Kesan seram  juga dihilangkan  dengan mengecat  dinding makam dengan gambar bunga-bunga, dan mengecat jalan masuk makam. Jalan masuk ke makam serta batu nisan juga dicat warna-warni sehingga tidak terlihat kusam.

“Ya semua itu dilakukan agar makam tidak terkesan angker, bahkan bisa digunakan untuk selfie”  kata Suyono.

(TI)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB