image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) –  Kota Mojokerto mempunyai kebanggaan  tersendiri, Kementerian Agama publik Indonesia memberikan penghargaan Harmony Award kepada Pemerintah Kota Mojokerto.  Karena dinilai telah berhasil dalam berkontribusi untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di tahun 2020.

Penghargaan tersebut, Kota Mojokerto adalah salah satu dari 30 daerah di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan tersebut yang terdiri dari Pemprov, Pemda, dan FKUB.

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat utamanya para tokoh agama, Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) yang telah berkontribusi menjaga kerukunan antar umat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Mojokerto. Para tokoh agama, pengurus FKUB yang telah berkontribusi untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, menjaga kondusifitas daerah sehingga tidak pernah terjadi kasus intoteransi di Kota Mojokerto”, terangnya.

baca juga:  Sandi Besuk Ke Lapas Mojokerto

Bahkan Kota Mojokerto lanjut Ning Ita panggilan akrab wali kota perempuan pertama ini, memiliki tokoh kemanusiaan (Riyanto almarhum) yang bisa menjadi teladan bagi kita semua.

Mewakili Walikota Mojokerto, Harmony Award tahun ini langsung diterima oleh Kepala Bakesbangpol Kota Mojokerto, Moch. Imron di Kantor Kementerian Agama RI di Jl. Lapangan Benteng Barat No. 3-4 Jakarta Pusat.

Penganugerahan Hamony Award diserahkan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 75 KEMENAG RI, Selasa, 5 Desember 2021.

Menurut Gus Yaqut sapaan akrab Menteri Agama tersebut menuturkan bahwa toleransi dan kerukunan tidak akan tercipta hanya dari satu pihak saja. Sedangkan pihak lain berpegang pada hak- hak nya sendiri.

baca juga:  DPRD Kota Mojokerto Hearing Terkait Penanggulangan Banjir

“toleransi dan kerukunan tidak akan tercipta hanya dari satu pihak saja. Sedangkan pihak lain berpegang pada hak- haknya sendiri. Dewasa ini kita mengembangkan moderasi beragama. Agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar dalam kehidupan sehari-hari bangsa kita,” tutur Gus Yaqut.

Sebanyak 30 Anugerah Harmony Award tersebut diberikan kepada 15 Pemerintah Provinsi. Kabupaten/Kota dan 15 FKUB se-Indonesia. Sebagai apresiasi atas terwujudnya kerukunan umat beragama di Indonesia.

(Tim/Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB