image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Upaya Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari untuk memulihkan ekonomi akibat pandemi covid-19 mendapat apresiasi dari Merdeka.com yang bekerja sama dengan kementerian dan lembaga negara yaitu Kantor Staf Presiden; Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi; Kementeriam Koperasi dan Usaha Kecil Menengah; serta Kementerian Komunikasi dan Informatika. Berdasarkan hasil penjurian Kota Mojokerto berhasil meraih predikat sebagai kota dengan Program inovatif saat pandemi Covid-19.

Penghargaan Merdeka Award diterima oleh Ning Ita secara virtual pada hari Rabu (31/3/2021) di Pendopo Rumah Rakyat. Dari hasil penjurian, Kota Mojokerto bersama 8 kab/ kota lainnya; Kab Garut,Kab Sintang,Kota Tarakan, Kab Subang,Kota Tangerang Selatan,Kab Kulon Progo,Kab Karanganyar, Kab Tulang Bawang, terpilih untuk menerima award ini lantaran telah menjalankan beberapa program pemulihan ekonomi untuk masyarakat. Khususnya untuk menggerakan sektor UMKM. “Saat ini Pemerintah Kota Mojokerto telah manjalankan program inkubasi wirausaha, yang anggarannya diambilkan dari APBD Kota Mojokerto. Dengan adanya inkubasi selain memberi pelatihan dan pendampingan usaha, juga akan diberi modal usaha, ini harapannya akan muncul pengusaha baru, dengan kreatifitas baru yang akhirnya mampu menggerakkan perekonomian masyarakat,”kata Ning Ita.

baca juga:  Tak Ber-IMB, Kantor Kas BNI Disegel Satpol PP Kota Mojokerto

“Selain memberi pelatihan Pemerintah Kota Mojokerto juga telah bekerjasama dengan salah satu marketplace untuk memasarkan produk-produk UMKM Kota Mojokerto melalui digital platform UMKM kotamojokerto.bhinneka.com.”jelas Wali kota perempuan pertama ini. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dengan menerapkan teknologi digital dalam sektor ekonomi akan mendorong peluang tumbuhnya UMKM.

Lebih lanjut Ning Ita menjabarkan banyaknya koperasi yang terdaftar atau Koperasi dengan NIK (Nomor Induk Koperasi)di Kota Mojokerto yaitu sebanyak 199 unit bisa dimanfaatkan bagi UMKM untuk mengakses permodalan, khususnya di masa pandemi. “Saat ini, sudah ada sebanyak 5.476 pelaku usaha mikro di Kota Mojokerto mendapatkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM),”tambah Ning Ita.

Dalam Merdeka Award ini ada 6 kategori penghargaan yang akan diberikan yaitu: 1. Desa dengan inisiatif digital menuju pemulihan ekonomi; 2. Daerah dengan program inspiratif bagi UMKM di masa pandemic; 3. Sosok Inspiratif di tengah pandemi, 4. Program kepedulian sosial dalam membantu dampak Covid-19, 5. Daerah dengan kesetiakawanan yang menginspirasi dan 6. Program inovatif kementerian saat pandemi Covid-19.

baca juga:  9.303 KPM Bakal Terima Rp 200 Ribu Per Bulan

(Al)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB