image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Direktur kebung Bung Karno Kota Mojokerto, Ahmad Yustinus Ariyanto  menegaskan pentingnya pemahamanan empat pilar berbangsa dan negara kepada masyarakat.

Menurutnya, diera modern ini sosialisasi empat pilar ini harus terus digelorakan ke tengah-tengah masyarakat, agar kecintaan terhadap negara semakin mendalam.

“Sosialisasi ini harus terus digiatkan untuk lebih memberi pemahaman tentang ideologi bangsa ini. Selain itu juga memberikan penekanan bagaimana bijak ber-medsos, jangan mudah terprovokasi berita yang tidak jelas. Kita harus pandai-pandai memilih informasi untuk menghindari berita-berita hoaks,” terang politisi muda PDI Perjuangan Kota Mojokerto ini saat ditemui di Kantor DPC Mojokerto, Jl. Tropodo, Kota Mojokerto, selasa, (8/6/2021).

Baginya jika seluruh kalangan masyarakat kota Mojokerto memahami nilai-nilai luhur bangsa, maka akan lebih baik dalam menjaga kerukunan bermasyarakat diwilayahnya masing-masing.

baca juga:  Tingkatkan Ketahanan Pangan, PDIP Kota Mojokerto Resmikan Kebun Bung Karno

“Jika seluruh kalangan masyarakat dapat memahami nilai-nilai luhur bangsanya, maka akan lebih bijak jika menjalankan amanah dan tugasnya dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya

Pria yang ditugaskan menjadi pembicara di sosialisasi 4 pilar yang diselenggarakan oleh Anggota DPR RI, Mindo Sianipar pada (30/5/2021) ini menjelaskan kembali bahwa kegiatan itu 

“Seperti yang saya katakan ketika diminta pak Mindo untuk menjadi narasumber, saya selalu tekankan bahwa pemahaman empat pilar sangat penting untuk terus dilakukan terhadap generasi muda di Kota Mojokerto, apalagi dengan kemajuan teknologi semua bisa akses pemahaman radikalisme di Internet,” tegas Xanana.

Dikesempatan yang sama Xanan juga menjelaskan pentingnya sosialisasi empat pilar tersebut karena masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman agama yang keliru dan sempit. 

baca juga:  Dewan Minta Evaluasi PSN

“Seperti munculnya radikalisme yang melahirkan terorisme. Ini harus diantisipasi agar jangan sampai ada anggota masyarakat yang terpapar radikalisme dan terorisme, tentu dengan menggalakkan sosialisasi empat pilar,” jelasnya.

Sosialisasi Empat Pilar MPR, kata Xanana merupakan perintah dari Undang Undang No.17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). Dalam Undang Undang itu MPR mendapat tugas mensosialisasikan Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika).

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, dihadiri oleh 100 undangan yang terdiri dari unsur pejabat kelurahan,ada lurah Bluto dan lurah Pulo, ketua karang taruna se kecamatan Prajurit Kulon, Kordinator jumantik se Prajurit Kulon dan dari unsur masyarakat.

baca juga:  Walikota Resmikan Relokasi PKL

(*)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB