Beranda Politik dan Pemerintahan Sidak Jelang Idul Adha, Kebutuhan Pokok Aman

Sidak Jelang Idul Adha, Kebutuhan Pokok Aman

0
Sidak Jelang Idul Adha, Kebutuhan Pokok Aman

Mojokerto (transversalmedia) – Walikota Mojokerto bersama Kapolresta Mojokerto Kota AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K., S.H., M.H dan Forkopimda Kota Mojokerto melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap Ketersediaan dan Harga Bahan Pangan Pokok serta Kesehatan Hewan Qurban di pasar tradisional wilayah Kota Mojokerto menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 H / 2021 M. Rabu (14/07/21)

Jelang Hari Raya Idul Adha, harga kebutuhan pokok di Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto stabil. Ini diketahui setelah Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari bersama Forkopimda Kota Mojokerto menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pasar terbesar di Kota Mojokerto ini,

“Jelang Idul Adha, ini agenda rutin mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Tanjung Tanjung sebagai pasar pusat terbesar di Kota Mojokerto yang menjadi jujukan para pedagang dari pasar lain untuk kulakan. Sampai sejauh ini ternyata bahan kebutuhan dasar, seperti daging ayam dan daging sapi harganya masih stabil,” Kata Ning Ita (walikota).

Penurunan harga akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diberlakukan pemerintah. PPKM Darurat yang diberlakukan sejak tanggal 3 Juli 2021 lalu, ada yang tidak berpengaruh pada harga sejumlah bahan kebutuhan.

“Semua aman, stabil harganya, pasokan juga lancar meskipun terjadi pengetatan di sebagian ruas jalan. Karena memang untuk transportasi kan kategori vertikal tidak ada pengetatan, 100 persen masih diperlakukan. Daya beli masyarakat ada penurunan namun jumlah belum bisa dirilis karena kita belum mendapatkan data pasti dari BPS,” Urai Walikota

Seluruh sektor esensial terjadi penutupan, penonaktifan dan 100 persen Work From Home (WFH), diakui Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini, tentu akan berdampak ke daya beli masyarakat. PPKM Darurat menyebabkan penyekatan di beberapa ruas jalan sehingga perputaran uang di masyarakat terjadi penurunan.

“Namun, alhamdulillah semua taat, semua patuh, masyarakat kita menerima apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolresta Mojokerto menambahkan dalam kegiatan sidak, Kami siap bekerja, melaksanakan kebijakan Pemerintah. Kehadiran kita kali ini dalam rangka memastikan standart kesehatan hewan qurban yang dipersyaratkan Sekaligus menjelaskan mekanisme penyembelihan & pendistribusian daging hewan qurban di wilayah hukum mojokerto kota di masa pandemic,” Ucap AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K., S.H., M.H

Harga beras di Pasar Tanjung Anjar Kota Mojokerto stabil. Beras bengawan di angka Rp11 ribu per kg, mentik Rp12 ribu per kg, IR 64 Rp9.500 per kg. Termasuk harga daging sapi yakni sebesar Rp120 ribu per kg, telur Rp22 ribu per kg, minyak Rp26 ribu per kg, gula Rp12 ribu per kg.

Kenaikan harga terjadi di cabe rawit dari Rp60 ribu per kg menjadi Rp63.500 per kg, tomat dari Rp10.500 menjadi Rp12.500 per kg, wortel dari Rp10 ribu per kg menjadi Rp11 kg per kg, buncis dari Rp14 ribu per kg menjadi Rp14.500 per kg.

Sejumlah kebutuhan pokok juga terjadi penurunan. Seperti harga cabe keriting dari Rp23 ribu per kg menjadi Rp22 ribu per kg, ikan bandeng dari Rp33.500 per kg menjadi Rp22.500 per kg dan ikan kembung dari Rp39 ribu per kg menjadi Rp38 ribu per kg.

(Adv/Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here