Mojokerto (transversalmedia) – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Wakil Bupati Muhammad Albarraa, Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, Dandim 0815 Letkol Inf. Beni Asman dan perwakilan Kajari Kabupaten Mojokerto, mengikuti upacara virtual peringatan hari Pramuka ke-60 tahun 2021 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur dengan tema “60 Tahun Pramuka Berbakti Tanpa Henti”, Minggu (15/8) dari ruangan command center.

Upacara dipimpin Gubernur Jawa Timur selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jatim Khofifah Indar Parawansa, dari lokasi utama yakni Gedung Negara Grahadi Surabaya dan diikuti secara virtual oleh seluruh kab/kota di Jawa Timur. 

HM Arum Sabil Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur, dalam upacara melaporkan bahwa Kwarda telah melaksanakan giat 60 vaksinasi di 60 titik di Jawa Timur, sebagai usaha membantu Pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

Termasuk yang dilaksanakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Mojokerto, kepada 4.700 orang anggota Pramuka beserta warga masyarakat secara serentak di 18 kecamatan se-Kabupaten Mojokerto sehari sebelumnya, Sabtu (14/8) pagi.

“Baksos Sabtu pagi ini adalah bentuk dharma bakti Pramuka, dalam membantu Pemerintah mempercepat vaksinasi pencegahan Covid-19. Kita harap langkah ini dapat membantu percepatan pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok,” kata Bupati Ikfina dalam giat vaksinasi tersebut.

Selain vaksinasi, kegiatan lain yang juga dilakukan adalah donor darah Pramuka se-Jatim, pembagian sembako, penyemprotan disinfektan, pembagian masker, membantu pemulasaraan jenazah Covid-19 dan membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

Gubernur Khofifah saat memimpin upacara virtual Peringatan Hari Pramuka ke-60, meminta agar Pramuka terus inovatif dan produktif. Mengutip arahan Presiden Republik Indonesia, Khofifah berharap agar Pramuka tidak saja menguasai ilmu, namun harus menguasai teknologi juga.

“Saya ingin Pramuka Jatim terus produktif, dan diikuti semua Kwarcab. Buat rancangan seproduktif mungkin, baik hulu dan hilir harus satu kesatuan. Sesuai pesan Presiden RI, Pramuka diminta menguasai ilmu pengetahuan, serta teknologi setinggi-tingginya. Satukan langkah, satukan gerakan, satukan program,” ajak Khofifah.

Dalam kesempatan ini juga diberikan penganugerahan beberapa tanda penghargaan. Salah satunya Lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas kepada Syaifullah Yusuf selaku Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim Periode 2010-2015 dan Periode 2015-2020, serta penghargaan lain kepada beberapa penerima.

Usai upacara, Gubernur Khofifah meninjau vaksinasi secara virtual yang dilaksanakan di enam Kwarcab Pramuka kab/kota di Jawa Timur. Dilanjutkan penyerahan sembako kepada 100 tukang becak (simbolis 10 orang).