image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Wali Kota Ika Puspitasari menunjuk Gaguk Tri Prasetyo ATD, MM sebagai Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Mojokerto. Ini tugas berat Sekdakot Mojokerto, ibarat ‘istri dalam rumah tangga’, Ning Ita berharap Sekdakot bisa mengurus dapur pemerintahan.

Ning Ita, menjelaskan penunjukan sekdakot dalam melalui tahapan yang ditentukan untuk mengukur tingkat kompetensi. ’’Ada beberapa tahapan yaitu proses selter Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekdakot yang dimulai sejak tanggal 24 Mei hingga 14 Juni lalu”, terangnya usai pelantikan di Pendapa Sabha Kridha Tama Rumah Rakyat Kota Mojokerto. Rabu (5/8/2021). 

Dikatakannya pula, posisi sekda diibaratkan memiliki peran sebagai istri dalam rumah tangga. Lalu, kepala daerah merupakan suami atau kepala keluarga. Sehingga, harus ada prinsip dan tujuan yang sama untuk menjalankan roda pemerintahan. ’’Harus ada chemistry yang kuat. Jadi, nantinya yang mengurusi soal dapur atau bothekan ya si istri ini. Dia harus bisa mengelola dengan baik keuangan keluarga untuk kelangsungan hidup berumah tangga. Begitulah saya menganalogikan pemerintahan,’’ ungkapnya.

baca juga:  Wali Kota Mojokerto Buka Pelatihan Sistem Bisnis Usaha Retail Koperasi

Terpisah, Sekdakot Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo ATD, MM mengatakan, akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh kepala OPD di Pemkot Mojokerto untuk memastikan seluruh program-program prioritas yang telah ditetapkan wali kota di RPJMD dapat terealisasi. Itu sesuai dengan salah satu tugas dan fungsi sekda. 

’’Ada banyak program prioritas. Diantaranya, penanganan banjir, pengembangan wisata bahari, dan penyelesaian masalah aset daerah. Itu yang menjadi prioritas untuk kita tangani. Tentunya sesuai dengan target capaian yang sudah ditetapkan jadwalnya”, pungkasnya. 

Yang perlu diketahui, hasil seleksi terbuka mengingat kekosongan Sekdakot setelah ditinggal Harlistyati yang purna tugas per 1 Juni 2021.

Dari pengumuman Pansel terbuka jabatan tinggi pratama sekretaris daerah kota Mojokerto tahun 2021 nomor : 007 / PANSEL.JPTPSEKDA / 2021, tertanggal 14 Juni 2021, mengumumkan hasil akhir tiga terbaik. Urutan berdasarkan alphabet nama sebagai berikut : Agung Moeljono Soebagjo SH MH, Gaguk Tri Prasetyo ATD MM, dan Novi Rahardjo S.STP M.Si.

baca juga:  Tingkatkan Melek IT, Telecenter Luncurkan Belajar Online

Sebelumnya ada empat penjabat di lingkup Pemkot Mojokerto yang mengikuti seleksi, yakni Agung Moeljono Soebagjo SH MH (Kepala Badan Penelitian dan Perencanaan Pembangunan), Gaguk Tri Prasetyo ATD MM (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika), Anang Fahruroji S.Sos M.Si (Staf Ahli) dan Novi Rahardjo S.STP M.Si (Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga, dan Pariwisata).

(Adv/Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB