image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Wali Kota Mojokerto Hj. Ika Puspitasari SE mengungkapkan perkembangan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) pada saat pandemi covid-19 terus meningkat. Hal itu diungkapkan pada saat kegiatan Pelatihan Sistem Bisnis Usaha Retail Koperasi yang bertajuk ‘Pemberdayaan peningkatan produktivitas, nilai tambah, akses pasar, akses pembiayaan, penguatan kelembagaan, penataan managemen, standarisasi dan renstrukturisasi usaha koperasi kewenangan kabupaten atau kota’, yang bertempat di kantor aula kecamatan Magersari, jalan Empunala, kota Mojokerto. Senin (13/9/2021).

“Pemerintah daerah berkewajiban untuk menyediakan jaring pengaman sosial dalam mendukung pemulihan ekonomi yang memenuhi kebutuhan dasar masyarakat”, katanya.

Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto, mengharapkan agar para pelaku koperasi, cepat mengambil peluang kebutuhan masyarakat pada saat pandemi ini, “Dalam peran yang mereka berikan program pemulihan koperasi menjadi salah satu atau bagian terkecil pada koperasi ini adalah bagian dari penggerak penyokong kekuatan  ekonomi-ekonomi yang ada di masing-masing daerah untuk mendukung perekonomian nasional”, ujarnya.

baca juga:  Pejabat Esselon II “DIPECAT”

Ning Ita membeberkan untuk bangkit kembali menuju ekonomi tumbuh, salah satu upayanya adalah melalui koperasi-koperasi penggerak ekonomi,  “Pengurus atau pengelola koperasi untuk mendapatkan bagian mendapatkan Program ekonomi khususnya melalui pelatihan atau sistem bisnis usaha”, bebernya.

Perempuan pertama yang menjabat Wali Kota di Mojokerto ini, mengajak menjadi ekonomi daerah tumbuh dan rapi. “Kita wujudkan bersama-sama sebagai bagian dari masyarakat Republik Indonesia, tentu kita tidak ingin negara ini terpuruk dalam waktu yang lama karena nenek moyang kita adalah bangsa yang bangsa yang tangguh, maka kita sebagai pewaris dari negeri ini juga harus mampu menaruh kekuatan dan ketangguhan dari nenek moyang kita’, ajaknya.

baca juga:  Walikota Mojokerto Restui Pembelajaran Tatap Muka

Ning Ita mengharapkan agar masyarakat menjadi masyarakat optimis, “Intinya kita harus tetap optimis yakin bergerak dengan Keyakinan itu akan memberikan jalan kemudahan bagi kita semuanya, amin”, tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoukmperindag) Kota Mojokerto, Ani Wijaya mengatakan tujuan serangkaian kegiatan pelatihan tersebut, “Kegiatan ini selain membantu memberikan tumbuh dan berkembang, juga pada akhirnya bagaimana kita bertumbuh upaya peningkatan kesejahteraan anggota koperasi yang berada di wilayah kota Mojokerto”, ungkapnya.

(Adv/Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB