image_pdfimage_print

Yogyakarta – (transversalmedia) – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjadi salah satu narasumber dalam Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE), dalam  rangkaian dari Forum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2021. Pemerintah kota Mojokerto tergolong sukses dalam mengembangkan ekonomi berbasis kerakyatan dan Usaha Mikro Kecil Menengah. Rabu, 13/10/2021.

Dalam serangkaian forum nasional ini, digelar selama tiga hari dari tanggal 13 hingga 15 Oktober 2021 yang dibuka oleh Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya, serta dihadiri secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan. 

Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto adalah menjadi pembicara, pada hari ke dua forum APEKSI, dengan materi “Smart City : Ekonomi & UMKM”. 

Menurut Ning Ita, percepatan Smart City yang merupakan rencana pembangunan jangka panjang nasional perlu dikolaborasikan dan disinergikan antar daerah – daerah Pemerintah Kota se Indonesia. Dengan tujuan bagaimana percepatan pelaksanaan Smart City bisa merata di seluruh daerah. 

“Bagaimana substansi tiga hal yang menjadi poin penting dalam smart city adalah pertama efisiensi, kemudian yang kedua adalah terkait partisipasi, dan yang ketiga adalah transparansi. Nah substansi tiga hal ini sudah kita laksanakan di Kota Mojokerto”, ujarnya saat ditemui usai pembukaan APEKSI 2021, di The Rich Jogja Hotel. Rabu 13 Oktober 2021.

baca juga:  Gandeng HMI, Ning Ita Tekan Level 2

Ke depan, Pemkot Mojokerto akan terus mengembangkan hingga semuanya sudah integreted dalam satu basis data yang terintegrasi untuk seluruh OPD di dalam penyelenggaraan pemerintahan, termasuk masyarakat dan sosialnya. 

Lebih lanjut secara terpisah, Bima Arya selaku Ketua Dewan Pengurus APEKSI saat membuka Forum menuturkan, Smart City atau Kota Cerdas tidak hanya sebatas dalam instal software saja, namun lebih tentang perubahan perilaku masyarakatnya. 

“Jadi saya kira pertemuan kita beberapa hari kedepan ini akan kita fokuskan berbagi pengalaman membangun ekosistem Smart City. Mari kita bertukar pengalaman, bagaimana cara nya perubahan perilaku tidak saja pada lingkungan pemerintahan kota dimana tempat kita mengabdi, namun juga bisa secara masif”, katanya. 

Sementara itu melalui virtual, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan turut memberikan apresiasi atas kerja keras APEKSI yang secara bersama- sama turut memberikan perubahan dan nilai positif di masing – masing kota, sehingga terselenggaranya ISCFE 2021. 

“Pemanfaatan industri 4.0 menuju 5.0 ini perlu segera dimatangkan oleh Kota – Kota di Indonesia sehingga setiap kota ahirnya bisa mencapai tujuan dari Smart City” ungkap Luhut. “Saya berpesan agar kita semua bekerja secara tersintegrasi untuk mencapai itu” imbuhnya. 

(Adv/Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB