Beranda Hukum dan Kriminal Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, Polresta Mojokerto Gelar Apel Kontijensi

Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, Polresta Mojokerto Gelar Apel Kontijensi

0
Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, Polresta Mojokerto Gelar Apel Kontijensi

Mojokerto (transversalmedia) – Polresta Mojokerto menggelar Apel Gabungan pasukan dalam rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di depan Kantor Pemerintah Kota Mojokerto, Jl. Gajah Mada No.145, Balongsari, Magersari, Kota Mojokerto, Senin (25/10/2021) pagi.

Kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Mojokerto Ibu Hj. Ika Puspitasari, SE. selaku Pimpinan Apel didampingin Kapolresta Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K., S.H., M.H.bersama Dandim 0815 Mojokerto yang diwakili Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Akhmad Jaelani.

Dalam amanatnya Walikota Mojokerto menyampaikan harapannya, ” Tingkatkan sinergitas antar stake holder baik ditingkat provinsi maupun kab/kota dalam rangka upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam,” tuturnya.

”Diharapkan para kepala daerah segera menyusun rencana kontinjensi yang disesuaikan dengan tata kelola kedaruratan protokol kesehatan termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang dapat betul-betul dilaksanakan semua pihak dan harus siap menangani bencana secara tuntas,” tambah Walikota Mojokerto dalam sambutannya.

Selain itu pelaksanaan apel ini merupakan momentum yang tepat bagi satuan pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi, serta tahu bahwa bencana alam merupakan sesuatu yang sulit diprediksi, namun masyarakat bisa melakukan antisipasi untuk meminimalisir dampak-dampak yang akan timbul dari bencana tersebut.

Pelaksanaan apel ini juga menjadi bukti komitmen bersama dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam serta untuk memberikan bantuan secara optimal kepada masyarakat yang terdampak bencana yang telah disesuaikan dengan protokol kesehatan sehingga diharapkan penanganan bencana alam tidak menjadi kluster baru dalam penyebaran covid 19.

Usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini, Kapolresta Mojokerto, Walikota dan Kasdim 0815 mengecek langsung sarana dan prasarana  mulai senso, perahu karet dan lainnya selanjutnya simulasi dari PPGD dari RS Gatoel.

Kapolresta Mojokerto mengatakan, “Apel siaga ini dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten kota di wilayah Jawa Timur dalam rangka sebagai langkah konkrit kesiapan terhadap potensi bencana yang akan terjadi” Ucap AKBP Rofiq Ripto Himawan

Polresta Mojokerto akan mengerahkan seluruh personil, termasuk staf juga dilibatkan dalam pembekalan tentang penanganan korban, sehingga semuanya harus memiliki kemampuan dasar yang sudah sesuai dengan standar operasional.

“Keinginan kita tidak ada bencana tapi seandainya terjadi mungkin kita sudah siap langkah yang harus dilakukan dan koordinasi, maka pelayanan publiknya akan bisa lebih cepat,” sambungya

Kapolresta Mojokerto juga berharap, “Kita mengingatkan kembali kepada anggota bahwa apel gelar pasukan kesiapsiagaan tanggap bencana kita gelar supaya lebih siap siaga, kerawanan bencana yang sering terjadi yaitu banjir kemudian kecelakaan lakalantas, angin puting beliung, kesetrum dan kebakaran, Penanganan yang sesuai Prosedur,” tutup Kapolresta.

Sementara itu, Kasi Humas Polresta Mojokerto IPDA MK Umam menambahkan, “Ape Gelar Pasukan ini dihadiri langsung Walikota Mojokerto, Kapolresta Mojokerto, Dandim 0815 diwakili Kasdim 0815, Dandenpom V/2 diwakili Wadan Denpom V/2 Mayor Cpm I Nengah Sindu D, S.Sos. Kepala PN Mojokerto diwakili Hakim PN Mojokerto Lukman Hakim, S.H. Kajari Kota Mojokerto diwakili Kasi Intel Ali Prakoso, S.H.,M.H., Sekda dan Kasatpol PP Kota Mojokerto, Para OPD Pemkot Mojokerto dan Waka Polres serta Pejabat Utama dan para Kapolsek jajaran Polresta Mojokerto,” tutup

(RS/ND/MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here