Mojokerto transversalmedia) – Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-76 di halaman kantor Pemerintah Kota Mojokerto, Jln Gajahmada No. 145. Rabu (10/11/21).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bertindak sebagai inspektur upacara. Turut hadir dalam upacara hari pahlawan pagi ini Kapolresta Mojokerto AKBP. Rofiq Ripto Himawan, Dandim 0815/Mojokerto yang diwakili Kasdim Mayor. Inf. A. Djailani, Sekdakot Gaguk Tri Prasetyo serta Kepala OPD, camat dan lurah se-Kota Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto, Ning Ita menyampaikan “bahwa semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan harus terus digelorakan. Menjadikan perbedaan untuk memperkaya dan memperkuat Bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar seloka : Bhinneka Tunggal Ika, berbeda–beda namun tetap satu jua”, ucapnya.

Ning Ita sapaan akrab Ika Puspitasari menyampaikan semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas yang sejalan dengan tema hari pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”. 

“Sumberdaya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis menjadi potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Dimana tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah”, lanjutnya.

ia menyampaikan bahwa bonus demografi dalam 20 tahun mendatang ( 2020 – 2040 ) akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Namun di sisi lain, juga terdapat kecenderungan berkurangnya lapangan pekerjaan yang harus kita antisipasi dengan cerdas dan seksama. Dan harus dihadapi dengan semangat wirausaha yang sesungguhnya.

Ia juga mengajak untuk menjadikan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Dimana setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya.

(Adv/Gon)