Mojokerto (transversalmedia) – Sosialisasi 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI & Bhinneka Tunggal Ika) digelar oleh salah satu anggota DPR RI Dapil 8 dari PDIP Ir. Mindo Sianipar di Gedung Pusat Perekonomian DPC PDI Perjuangan kota Mojokerto, Jalan Benteng Pancasila. Sabtu (27/11/2021).

Acara yang dihadiri oleh Pengurus Partai DPC PDI Perjuangan kota Mojokerto dan Fraksi DPRD Kota Mojokerto.

Dijelaskan Ir. Mindo Sianipar, bahwa 4 Pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tentram, dan sejahtera. Ia berharap agar peserta sosialisasi memahami apa arti penting empat pilar kebangsaan dan menjadikan panduan dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan bangsa dan negara yan adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Mojokerto, Ir Santoso Bekti Wibowo, dalam sambutannya setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa empat Pilar tersebut adalah prinsip moral ke Indonesiaan yang memandu tercapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Dilanjutkan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Mojokerto, Yustinus Ariyanto, ia mengatakan  empat pilar tersebut tidak di maksudkan memiliki kedudukan sederajat. Setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berbeda. Pada prinsipnya, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, kedudukannya berada diatas tiga pilar.

(Gon)