image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Program unggulan Wali Kota Mojokerto untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, ada sebanyak 121 kelompok Inkubasi Wirausaha (IW) Kecamatan Magersari diberikan pembinaan dalam kelompok ekonomi mikro untuk mensukseskan menjaring pasar melalui media digital market please. 

Bagi IW mendapatkan fasilitas memasarkan produknya di outlet Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sunrise Mall setelah adanya pembicaraan dengan Pemkot Mojokerto. 

Camat Magersari Modjari mengatakan, “Mereka yang bangkit, akan  ditindaklanjuti dengan pembentukan koperasi anggota tahun depan. Mereka akan diberikan bantuan modal kelompok koperasi. Koperasi nanti yang memutarkan keuangan anggotanya”, katanya. Selasa (21/12/2021). 

Adapun kelompok usaha masyarakat di wilayah Kecamatan Magersari telah mulai adanya peningkatan seperti kerajinan bordir, pembuatan kue, tas goni, sulam pita, perikanan dan frozen food. Selanjutnya, batik, warung kopi dan sablon yang bahkan bersiap mendirikan kelompok koperasi pada 2022 mendatang. 

baca juga:  Emil dan Ning Ita Bagikan BNPT Bagi Warga Terdampak Covid-19

Sebanyak 121 kelompok IW yang tersebar di enam kelurahan pada wilayah kecamatan tahun 2021, telah menerima bantuan pembinaan sebesar Rp 1,3 miliar dari Pemkot Mojokerto yang di plotkan pada Dana Kelurahan (DK) untuk kebutuhan sarana prasarana usaha kelompok.

Satu kelompok IW menerima bantuan pembelian sarpras paling kecil sebesar Rp 8.5 juta dan terbesar sampai Rp 20 juta. “Setiap kelompok menerima anggaran pembinaan bervariasi, tergantung kelompoknya. Yang terbesar itu Rp 20 juta untuk pembelian Freezer bagi kelompok usaha Frozen Food”, ucapnya. 

Dalam program ini, kecamatan ditunjuk sebagai koordinator pelaksana kegiatan untuk percepatan penyerapan anggaran program inkubasi wirausaha dan kelompok usaha bersama. Juga, memberi motivasi kepada masyarakat untuk mengikuti program ini. 

baca juga:  Kota Mojokerto Bangkit Dari Covid-19 Melalui Tatanan Hidup Baru Produktif dan Aman

“Kecamatan akan menjadi koordinator monitoring jika mereka dilepas. Diharapkan program ini mengangkat  perekonomian masyarakat, ” Cetusnya. 

Tahun depan program ini akan kembali digulirkan. Karenanya pihak kecamatan tengah melakukan pendataan bertumbuhnya kelompok usaha baru.

(Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB