Mojokerto (transversalmedia) – Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Mojokerto, secara resmi memulai kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk sasaran anak usia 6-11 tahun. Pelaksanaan vaksinasi dikawal langsung oleh Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Mojokerto Bupati Ikfina Fahmawati, di tiga sekolah. Yakni SDN Modopuro 2, SDN Sidomulyo Bangsal dan MI Darul Huda Gayaman, Jum’at (17/12) pagi.

Kepala RSUD RA Basoeni Ulum Rokhmat Rohmawan saat mendampingi bupati menerangkan, sosialisasi vaksin telah dilaksanakan sejak 14 Desember lalu, dengan target selesai akhir Januari 2022 depan untuk sasaran 100.000 orang anak.

“Sejak 14 Desember 2021 kita sudah sosialisasi kepada stakeholder terkait, dan mulai pelaksanaanya di lapangan tanggal 15 Desember 2021. Untuk hari ini, vaksinasi kita lakukan serentak untuk sekitar 3.000 anak. Direncanakan vaksin akan selesai pada akhir Januari 2022 atau bisa mencapai 100%. Pelaksanaan vaksinasi ini diawali SK Kemenkes, lalu Instruksi Gubernur, dan petunjuk arahan di Pemda,” kata Ulum.

Vaksinasi covid 19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun memiliki manfaat sangat besar, yakni membentuk imun tubuh. Terlebih saat kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas seperti sekarang ini. Anak-anak sangat berisiko terinfeksi dan dapat pula menjadi carrier virus kepada orang tua dan kelompok rentan seperti lansia yang tinggal serumah. Mereka pun menjadi salah satu kelompok usia yang penting diperhatikan, karena potensinya menjadi OTG.Maka dari hal itu, kesuksesan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok usia ini, juga akan sangat bergantung pada peran orang tua dan lingkungan sekitar.