image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati membuka secara langsung Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2022 Koperasi Unit Desa (KUD) Tani Jaya Kemlagi di Gedung KUD Tani Jaya, Desa Kemlagi Kulon, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Rabu (16/02) pagi. Agenda rapat tersebut dalam rangka membahas terkait pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas KUD Tani Jaya Kemlagi Tahun Buku 2021.

Dalam sambutan arahannya, Bupati Ikfina mengucapkan terima kasih kepada pengurus dan pengawas KUD Tani Jaya, karena KUD Tani Jaya hingga saat ini tetap berkomitmen dalam mengupayakan pengelolaan koperasi agar tetap berkembang.

“Ini yang dipikirkan adalah harta milik anggota, bukan hartanya sendiri. Maka, ini perlu disyukuri bahwa Koperasi ini dikelola oleh Pengurus dan Pengawas yang betul-betul mengupayakan, bagaimana Koperasi terus berkembang. Karena, jika terus berkembang, maka Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diterbitkan otomatis juga akan semakin besar. Ini yang betul-betul bisa dirasakan oleh para anggota,” terangnya.

baca juga:  3.000 Warga Terdampak PPKM Terima Bansos Beras

Lanjut Ikfina, pihaknya juga meminta kepada semua anggota KUD Tani Jaya untuk selalu komitmen dan memiliki kewajiban bersama-sama dalam membesarkan Koperasi.

“Jadi semua usaha yang dimiliki KUD ini, semua anggota ini harus ikut mempromosikan dan meramaikan, karena nanti labanya akan kembali lagi dalam bentuk SHU,” jelasnya.

Terkait revitalisasi bisnis KUD Tani Jaya yang rencananya akan melibatkan digitalisasi, orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto tersebut mengatakan, pengelola harus siap terbuka, menurutnya, kalau sudah masuk dalam sistem digital semuanya bisa dilacak.

“Ini adalah suatu apresiasi untuk para pengurus, karena pengurus siap untuk mengelola manajemen akuntansi semua proses bisnis dari KUD ini dengan menggunakan sistem digital berrti pengelola ini siap terbuka. Kalau sudah begitu berarti tidak ada yang disembunyikan,” tambahnya.

baca juga:  DPRD Kabupaten Mojokerto Laksanakan Rapat Paripurna Penyampaian Nota Penjelasan Bupati

Sementara itu, Ketua Umum KUD Tani Jaya Kemlagi Suyano mengatakan, dalam masa kepemimpinannya saat ini, pihaknya akan mempersiapkan diri untuk mengembangkan KUD Tani Jaya menjadi Koperasi yang Modern.

“Ini bentuk respon kami yang sangat tanggap sekali, bahwa ibu Bupati pernah mencanangkan koperasi modern pada waktu hari Koperasi tahun lalu,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Pertanian, Dekopinda Kabupaten Mojokerto, Forkopimca Kemlagi dan Kepala Desa se-Kecamatan Kemlagi.

(Dhan;Prm;foto:Khl;Omn/Ar).

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB