image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Kemeriahan pada tahun baru imlek 2573 sungguh luar biasa meskipun, adanya pembatasan protokol kesehatan di Kelenteng tertua Hok Sian Kiong di Mojokerto, Jl. PB. Sudirman No.1, Sentanan. Selasa (1/2/2022).

Tampak kemeriahan penyambutan kedatangan tamu Forkopimda Kota Mojokerto dengan atraksi barongsai di halaman Klenteng Hok Sian Kiong. Bukan hanya itu saja, pernak-pernik di hiasi lampion khas budaya China. Dengan aroma dupa dengan nuansa sakral.

Ketua Panitia perayaan imlek, Gede Sidarta mengatakan perayaan imlek tahun ini tidak semeriah perayaan sebelumnya, karena tahun ini di masa pandemi Covid-19. Dan ia menjelaskan tak ada pawai kebudayaan, yang biasa keliling kota dengan penuh atraksi.

baca juga:  Seni Susunan Batu Dianggap Musyrik

“Ini tadi hanya ibadah terbatas, ada barongsai hanya untuk penyambutan Forkopimda. Sebab sudah dua tahun tidak ada acara. Kalaupun kami tidak adakan, mereka tetap datang”, katanya.

Meskipun begitu, serangkaian kegiatan ini turut dinikmati warga yang telah berkumpul sampai pagi.

Jadi, tanggal 1 Februari 2022 menandai awal tahun Ren Yin, elemen ke-39 dari siklus enam tahun China. Macan atau Yin dipasangkan dengan batang langit Ren yaitu air, sehingga disebut sebagai Tahun Macan Air.

“Macan Air adalah nama tahun ini, dimana tahun ini penuh dengan keberuntungan-keberuntungan. Semoga tahun ini segera berlalu pandemi Covid-19”, tuturnya.

(Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB