image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari bersama Forkopimda melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di 23 sasaran jelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Hal ini ditemukan adanya kenaikan harga sejumlah bahan pokok.

Dari 23 titik ini dibagi menjadi 4 tim untuk melakukan pemantauan. Dan Wali Kota Mojokerto yang akrab dipanggil Ning Ita ini memilih Pasar Tanjung Anyar untuk dijadikan Sidak. Ia mengatakan kenaikan sejumlah bahan kebutuhan pokok ini menjadi atensi Pemerintah Daerah dalam upaya stabilitas harga pangan. 

“Terjadi kenaikan harga menjadi atensi tadi kita lihat bersama daging sapi naiknya sudah hampir 20 persen dari harga Rp.120 ribu menjadi Rp.140 ribu”, katanya. Jumat (22/4/2022).

baca juga:  CSR Kota Mojokerto Salurkan Bantuan 1000 Sembako Di Masa PPKM Darurat

Menurut keterangan Ning bahan kebutuhan pokok daging sapi ini, dibutuhkan masyarakat yang sangat penting pada saat lebaran, jadi diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir dipastikan aman untuk kebutuhan pokok yang ada di kota Mojokerto. 

“Kalau ketersediaan kebutuhan bahan pokok dan pangan di Kota Mojokerto saat Idul Fitri aman namun harganya ini yang perlu kita awasi agar tidak terjadi kenaikan”, ungkapnya.

Hasil sidak, tidak menemukan Mamin dalam kemasan yang menyalahi aturan atau kadaluwarsa. “Sejauh ini Alhamdulilah semua yang kita lakukan cek di lokasi tadi masa Expired-nya tidak ada yang melampaui, namun saat ini kita sedang melakukan uji terhadap bahan pangan dari beberapa komoditas nanti hasil kita sampaikan”, jelasnya. 

baca juga:  PEMKOT MOJOKERTO GELAR SOSIALISASI PENGELOLAAN BLUD

Sedangkan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto, Ani Wijaya mengatakan berdasarkan data yang diperoleh, harga rata-rata bahan kebutuhan pokok di tingkat konsumen Pasar Tanjung Anyar, Kota Mojokerto mulai berangsur naik sejak awal Ramadhan kemarin.

Adapun kenaikan harga bahan kebutuhan pokok seperti daging sapi di awal Ramadhan hingga sekarang naik Rp 20 ribu dan kini dikisaran Rp.140 ribu per kg. Komoditas bahan pokok yang juga mengalami kenaikan yakni telur ayam sekitar Rp.2000 dari harga Rp.24.000 kini mencapai Rp.26.000 per kilogram. Kemudian, daging ayam naik Rp.1.000 dari Rp.35 ribu sekarang menjadi Rp.36.000 per kilogram.

baca juga:  Audiensi Dengan Komisi A, SPRI Diminta Menyiapkan Naskah Akademik Belanja Iklan

(Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB