image_pdfimage_print

Mojokerto (transversalmedia) – Dalam memperingati hari jadi kabupaten Mojokerto yang ke – 729 dengan tema ‘Bersama Bekerja Untuk Bangkit dan Maju’, DPRD Kabupaten Mojokerto membuka sidang paripurna istimewa, di gedung DPRD kabupaten Mojokerto, ruang rapat Graha Whicesa, jalan RA Basuni No 35 Sooko, Mojokerto. Minggu pagi (08/5/2022).

Serangkaian rapat paripurna istimewa ini dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ayni Zuroh, dengan dihadiri oleh Bupati Ikfina fatmawati dan Wabup Mojokerto Muhammad Al Barra , para anggota DPRD, Forkopimda kabupaten Mojokerto, Sekdakab, Kepala OPD, serta Camat.

Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ayni Zuroh, mengatakan ”9 Mei telah ditetapkan menjadi Hari Jadi Kabupaten Mojokerto. Mari kita tingkatkan jalinan antara eksekutif dengan legislatif untuk meningkatkan pembangunan di kabupaten Mojokerto” ujar Ketua DPRD Kab.Mojokerto”, katanya.

Sedangkan Setia Puji Lestari, Wakil Ketua DPRD menceritakan riwayat hari jadi Kabupaten Mojokerto mempunyai akar sejarah berkaitan erat dengan kebesaran Majapahit dimana Raden Wijaya Raja Majapahit berhasil mengalahkan pasukan Tar Tar, peristiwa tersebut tanggal 09 Mei 1293.

baca juga:  Seragam Sekolah di Gratiskan ???

“Dengan melihat sejarah H Mahmoed Zein, Bupati Mojokerto mengeluarkan keputusan no 230 tahun 1993 tentang penetapan hari jadi Mojokerto tanggal 09 Mei”, kata Setia Puji Lestari.

Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati dalam sambutannya, terkait dengan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mojokerto ada beberapa hal yang cukup menggembirakan, diantaranya beberapa telah diraih, antara lain :

1. Penghargaan sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2021 dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur (Dinas Tenaga Kerja)

2. Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021 di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur di Sidoarjo.

3. Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021, dari Kementerian Keuangan RI.

4.     Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021, dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), diserahkan di Banyuwangi.

baca juga:  Ery Sukses Gol-kan 52 Titik Hasil Pekerjaannya

5. Penghargaan Kabupaten Mojokerto Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2021 kategori Madya.

6. Penghargaan Penilaian Sistem Merit dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dengan raihan skor mencapai 263 atau berpredikat ‘Baik’.

7. Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2021 kategori Madya.

8. Penghargaan dari Harian Surya, atas kerja keras menangani pandemi Covid-19. Yakni angka Case Fatality Rate (CFR) atau tingkat kematian yang rendah, serta Case Recovery Rate (CRR) atau tingkat kesembuhan yang tinggi.  Penghargaan diberikan dalam acara “Awarding Jatim Covid-19 Heroes” sekaligus talkshow virtual, dalam rangka HUT Harian Surya ke-32.

9. Penghargaan Top 30 Inovasi Pelayanan Publik 2021, atas inovasi PERMEN SI MELA (Persalinan Aman, Siap, Sigap Melayani).

10. Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), di Grand Ballroom Hotel Westin Surabaya.

11. Penghargaan TOP BUMD AWARDS 2022

  • TOP Pembina BUMD 2022 (Bupati Mojokerto)
  •  TOP BUMD Awards 2022 BPR Bintang 4 (PT. BPR Majatama)
  • TOP CEO BUMD 2022 (Dirut PT.BPR Majatama)
baca juga:  Gelar Musda, DPP PKS Tunjuk Budiarto Sebagai Ketua DPD Kota Mojokerto

Disamping berbagai prestasi tersebut di atas, pada momentum HUT Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ini telah dan akan diresmikan secara simbolis beberapa proyek antara lain :

1.   Pelebaran ruas jalan Gumeng – Kemasantani, Kecamatan Gondang (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang).

2. Pelebaran ruas jalan Temuireng – Gunungan, Kecamatan Dawarblandong (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang).

3.  Pembangunan Kantor Desa Kupang, Kecamatan Jetis (Bantuan Keuangan Desa, Bagian Administrasi Pembangunan).

4.       Pembangunan Poli Exklusif ( Rumah Sakit Dr. Soekandar, Mojosari).

Dan juga peresmian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Alu Aksara Pratama, Perning, Kecamatan Jetis terhadap pembangunan :

a. Pembangunan Jalan Cor Perning – Kepuhklagen

b. Pembangunan Halaman, Jalan dan Pagar pada SDN Perning Kecamatan Jetis.

(Adv/Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB