Mojokerto (transversalmedia) – Dalam menyambut Semarak Hari Jadi Kota Mojokerto yang ke 104, Pemerintah kota Mojokerto melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMPerindag) menyuguhkan Festival Kuliner, yang nantinya ditempatkan di Sunrise Mall Timur, Jalan Benteng Pancasila (Benpas). 

Kepala DiskopUKMPerindag kota Mojokerto, Ani Wijaya SE, MM menjelaskan persiapan dalam menyambut hari jadi kota Mojokerto, “Tujuannya mengajak pedagang kaki lima (PKL) Benpas supaya berkenan berjualan, kita tata kasih tempat supaya pembeli bisa nyaman kalau di lokasi situ kan duduknya  nyaman”, katanya saat berwawancara dengan awak media pada acara penutupan kegiatan pelatihan  ‘Pembuatan Kerajinan Anyaman Bambu Sintetis’. Selasa (14/6/2022).

Masih kata Ani, untuk persiapan yang ke-dua dalam festival kuliner. “Hasil pelatihan tas jali ini biar bisa dipakai pubg, UMKM-UMKM makan itu tak inventarisir siapa yang mau berjualan di situ, akan saya kasih tempat, luar biasa antusias. Tapi tempat ini terbatas”, tuturnya.

Pada festival kuliner yang dimulai pada tanggal 17 Juni sampai 3 Juli 2022, pengunjung disuguhi layar tancap, live music selama 7 hari, dermolen selama 20 hari. “Untuk makanan terserah, siapa yang mau bergabung, ayo”, tawarnya. 

Penempatan bagi para pedagang diberikan kuota sebanyak 60 pedagang, “Jika misalnya lebih dari itu tidak ada masalah, tak siapkan tempat”, jelasnya.

Kota Mojokerto memang telah berhasil mengkader ribuan wirausaha kuliner baru melalui pelatihan inkubasi. Mereka dididik oleh pelatih yang profesional sehingga hasilnya tak perlu diragukan lagi.

“Yang kita gandeng untuk melatih banyak dari chef hotel berbintang. Dan pendampingnya juga dari pelaku usaha kuliner yang sukses di bidangnya. Sehingga lulusan inkubasi ini bisa menghasilkan produk yang tak kalah dengan yang dijual dipasaran”, lanjutnya.

Disamping itu, Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengajak masyarakat untuk turut memeriahkan Festival Kuliner sebagai rangkaian Hari Jadi Kota Mojokerto ke-104.

“Ayo ramai-ramai ajak teman dan keluarga datang ke Festival Kuliner Kota Mojokerto. Ini adalah pesta rakyat dan akan ada banyak hiburan rakyat disana”, serunya. 

(Gon)