Mojokerto (transversalmedia) – Di lingkup Pemkot Mojokerto, mutasi perombakan pegawai ASN kembali terus bergulir. Pelantikan ada 20 ASN yang dilakukan pergeseran dan promosi jabatan yang terdiri dari administrator dan pengawas. Acara digelar di pendopo Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk. Kamis (2/6/2022).  

Perlu diketahui, dari investigasi di lapangan, mutasi ini dilakukan bagi eselon IV dan III.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab dipanggil Ning Ita berharap kepada ASN untuk mampu mengemban amanah dan melaksanakan apa yang diamanatkan dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, yang menekan pentingnya ASN bekerja secara profesional serta mampu menjalankan tugas pelayanan publik, tugas penyelenggaraan pemerintahan, sekaligus tugas pembangunan di kota Mojokerto secara optimal.

Untuk itu ASN harus mampu menerapkan Core Value ‘BerAKHLAK’ yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. “Berorientasi pada pelayanan penekanannya bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada siapapun yang berhak mendapatkan pelayanan dari kita”, katanya.

Masih kata Ning Ita, Core Value ‘BerAKHLAK’ merupakan inti dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tersebut. 

“Layanilah dan laksanakanlah seluruh tugas yang saudara-saudara emban dengan semangat kebanggaan sebagai ASN yang mampu melayani bangsa dan menjadi abdi negara”, lanjutnya. “Core Value ini menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja seluruh ASN, termasuk di kota Mojokerto”, imbuhnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji bukan sekadar penempatan pejabat pada posisi jabatan tertentu atau hanya sekedar mengisi kekosongan jabatan. Namun, lanjutnya, semua ini ditujukan untuk pembenahan, sekaligus pemantapan organisasi agar tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik bisa berjalan lebih optimal.

“ASN yang terpilih mendapatkan promosi jabatan, maka saya titip pesan, jalankan amanah tersebut dengan menjunjung tinggi etika-etika sebagai ASN. Laksanakan tugas secara profesional dan loyal terhadap pimpinan,” pesannya.

Ia menambahkan, loyalitas diterjemahkan dengan cara melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawab dengan baik. “Itulah loyalitas yang sesungguhnya terjemahan dari ‘BerAKHLAK’ tadi,” tandasnya.

(Gon)