Mojokerto (transversalmedia) – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mendapatkan tanda penghargaan tertinggi Manggala Karya Kencana (MKK) Tahun 2022 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN-RI).

Perlu diketahui, Manggala Karya Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

“Penghargaan yang diberikan komitmen dalam rangka yaitu ; 1. penghargaan yang meraih kependudukan, 2. komitmen dalam pelaksanaan keluarga berencana, 3. Komitmen adalah mendalam menurunkan stunting di daerah”, ucap perempuan yang akrab dipanggil Ning Ita ini. Rabu (6/7/2022). 

Penghargaan akan disematkan langsung oleh Kepala BKKBN, Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K). Hadir pula Menko Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy di Hotel Santika Medan, Sumatera Utara.

Wali Kota yang akrab disapa Ning ita ini dinilai prestasinya yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Disamping itu pula, indikator dalam pengendalian penduduk seimbang antara lain, angka perkawinan dini sudah menurun di Kota Mojokerto. sehingga dengan angka total fertility rate atau jumlah anak yang dilahirkan pada usia subur juga menurun rata-ratanya.

Selain itu, Ning Ita juga mampu meraih banyak penghargaan di tingkat Provinsi Jawa Timur. Antara lain, Program Generasi Berencana (Genre), Penghargaan AKU KAMU juara 1 Tingkat Provinsi Jatim diraih SMPN 4 Kota Mojokerto serta Juara 2 Lomba Kampung KB tingkat Provinsi Jatim.

Sebagai informasi, tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan yang diberikan atas prestasi, komitmen, kepemimpinan, dukungan dan dharma bakti yang besar dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di wilayah masing – masing. 

Kepada awak media, Ning Ita ini mengaku bangga atas capaian luar biasa tersebut. Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersinergi untuk mengikhtiarkan tercapainya penghargaan.

“Ini adalah ikhtiar yang telah kita upayakan bersama-sama sehingga di tahun 2022 ini, saya bisa mendapatkan tanda penghargaan MKK”, tegasnya.

(Adv/Gon)