Mojokerto (transversalmedia) – Semarak peringatan Hari Koperasi ke-75 di Kota Mojokerto berlangsung meriah. Hal ini antusias acara senam bersama dan orkes OM Pammi Kota Mojokerto yang diikuti ratusan warga di Rest Area Gunung Gedangan. Sabtu pagi (23/7/2022).

Tampak rangkaian acara senam bersama, ratusan peserta bersorak-sorak dan menyambut kehadiran oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama sang suami Supriyadi Karima Syaiful yang juga menjabat sebagai Ketua Dekopinda Kota Mojokerto. Rangkaian peringatan hari Koperasi diantaranya donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis serta penyerahan secara simbolis gerobak ayam goreng krispi Z-Chicken kepada 25 kaum dhuafa Kota Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto yang akrab dipanggil Ning Ita mengatakan dengan tema Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan dan tagline Ayo Berkoperasi. Peringatan Hari Koperasi Nasional yang ke-75 ini diharapkan menjadi momentum transformasi koperasi dalam membangun ekonomi yang berkelanjutan. “Koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa diharapkan bisa menjadi tonggak pemulihan ekonomi dampak Covid-19 khususnya di Kota Mojokerto”, harapnya. 

Menurut Ning Ita, konsep koperasi sebagai kekuatan bisnis sudah terbukti kokoh teruji berbagai resesi ekonomi, speed recovery paling cepat adalah dari UMKM dan Koperasi. “Melalui Program Inkubasi Wirausaha dengan 4P, yaitu Pelatihan, Pendampingan, Pemberian Modal Usaha & Pembentukan Koperasi. Kita akan terus berupaya untuk lebih memberdayakan koperasi sebagai motor penggerak ekonomi di segala bidang, khususnya bagi masyarakat Kota Mojokerto”, tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kota Mojokerto, Supriyadi Karima Syaiful berpesan kepada seluruh pembina, penggerak maupun insan koperasi Kota Mojokerto untuk menjadikan koperasi bertransformasi dari citra model lama (konvensional) menjadi model baru dan profesional sehingga mampu sejajar dengan badan usaha lain.

“Koperasi harus memiliki sensitivitas usaha yang tinggi dan diminati generasi muda, melalui momentum hari koperasi yang ke-75 ini, pemerintah menggelorakan gerakan “ayo berkoperasi” yang terhubung dengan gerakan revolusi mental yang tujuannya untuk meningkatkan literasi perkoperasian dan menarik minat generasi muda untuk berkoperasi”, tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto, Ani Wijaya menjelaskan agenda kegiatan peringatan Hari Koperasi Ke-75, “Diantaranya, ziarah ke makam Raden Panji Soeroso, Pendiri Koperasi di Makam Pekuncen Surodinawan, Lomba Fashion Show Emak-emak Koperasi, Cerdas Cermat tentang Perkoperasian tingkat SMA dan SMK se Kota Mojokerto”. sambungnya

“Dan hari ini sebagai puncaknya, kita adakan senam koperasi bersama bintang tamu artis Jihan Audi, donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dari RSI Hasanah dan RS Rekso Waluyo  serta pembagian gerobak ayam goreng krispi hasil kerjasama dengan Baznas pusat”, lanjutnya.

Kegiatan Hari Koperasi ke-75 Kota Mojokerto, lanjut Ani, akan ditutup dengan pemilihan duta koperasi Kota Mojokerto dan resepsi hari koperasi di rumah rakyat Kota Mojokerto tanggal 5 Agustus 2022 nanti.

(Gon)