Beranda Politik dan Pemerintahan Dikbud Kota Mojokerto Meriahkan Festival Permainan Rakyat

Dikbud Kota Mojokerto Meriahkan Festival Permainan Rakyat

0
Dikbud Kota Mojokerto Meriahkan Festival Permainan Rakyat

Mojokerto (transversalmedia) – Menyambut Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 77 tahun, Pemerintah kota Mojokerto melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Mojokerto menggelar Festival Permainan Rakyat yang diselenggarakan di rumah rakyat jalan Hayam Wuruk. Rabu (10/8/2022)

Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto, Amin Wachid mengatakan, Festival Permainan Rakyat 2022 ini digelar dalam momentum peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77. “Festival Permainan Rakyat 2022 ini merupakan bagian rangkaian peringatan HUT RI ke 77 yang digelar Pemkot Mojokerto”, katanya.

Selain melestarikan budaya bangsa Indonesia, kegiatan ini juga bertujuan mempererat kerukunan, guyub, canda. “Permainan rakyat seperti egrang, dakon, gobak sodor, dan lainnya semakin jarang dimainkan di zaman ini. Kita harus lestarikan permainan-permainan yang menjadi bagian dari budaya kita”, jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari Rabu sampai dengan jumat (10-12/8). Permainan rakyat yang dilombakan pada ajang kali ini yakni Gobak Sodor, Terompah Panjang, dan Egrang.

Festival diikuti oleh seluruh OPD yang berada dalam lingkup Pemkot Mojokerto, termasuk kecamatan dan kelurahan, ditambah peserta dari karang taruna kelurahan, Kodim, dan Polresta Mojokerto. “Setiap permainan yang dilombakan diikuti oleh 700 peserta”. tuturnya.

Bagi pemenang dalam lomba permainan rakyat ini akan mendapatkan Piala Wali Kota Mojokerto dan uang pembinaan. “Pada penutupan nanti ada pengundian doorprize. Hadiah utamanya berupa sepeda motor,” ujarnya.

Lebih jauh koordinator peringatan HUT RI ke 77 Pemkot Mojokerto ini mengatakan, pada tahun ini permainan rakyat yang dilombakan hanya tiga permainan. Namun pada tahun mendatang akan dikembangkan, sehingga lebih banyak lagi permainan rakyat yang akan dilombakan.

“Masyarakat cukup antusias, baik sebagai peserta maupun sebagai penonton. Tahun mendatang akan kita kembangkan, sehingga lebih banyak lagi permainan rakyat yang dilombakan”, pungkasnya.

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here