Mojokerto (transversalmedia) – Umat agama Khonghucu dari klenteng Hok Sian Kiong Mojokerto merayakan hari lahir Nabi Kongzi 22 September ke 2573 SM – 2022 masehi, perayaan ini digelar dengan kegiatan bakti sosial atau baksos dan jual nasi bungkus yang tergolong murah dan pengobatan gratis di Jalan PB Sudirman, pada hari sabtu pagi (24/9/2022). 

Ketua Panitia klenteng Hok Sian Kiong Mojokerto, Surianto mengatakan tujuan kepedulian antar sesama ini harus ditunjukkan sesuai ajaran nabi Kongzi, “Kami hanya merayakan hari lahir nabi saja, dengan ini kami melakukan pengabdian sosial dan dengan memberikan sosial ini kami selalu bertambah lebih mendalam dari ajaran teladan nabi Kongzi”, katanya.

Surianto juga menuturkan kegiatan bakti sosial ini bukan hanya perayaan kelahiran nabi Kongzi saja, “Kita sosial itu tidak sampai disini saja, di hari lebaran umat islam kita memberikan kasih berupa takjil dan buka bersama dengan masyarakat. Acara ini digelar kegiatan baksos rutin tahunan”, tuturnya saat di gedung serba guna Budi Santoso.

Tema pelaksanaan kegiatan ini bertajuk ‘Harmoni Kebhinekaan’ mulai pukul 06.00-07.00 WIB (Baksos & Jual Nasi Bungkus Murah), 08.00-12.00 WIB (Baksos Pengobatan Gratis), 17.30-selesai (acara puncak panggung gembira).

Dijelaskan bahwa kegiatan pengobatan gratis ini bekerjasama dengan rumah sakit yang ada di kota Mojokerto, “Kita bekerjasama dengan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo dan RS Reksa Waluya. Dan pagi tadi kita jual 500 nasi bungkus murah dengan harga 3 ribu, yang sebenarnya harga nasinya 7 ribu sampai 10 ribu”, jelasnya.

Sebelumnya, pada acara ini, penyebaran undangan kepada masyarakat melalui lintas agama yaitu Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Sementara itu, Mira Siantica pengunjung dari unsur masyarakat merasa terbantu dengan kegiatan ini. “Kami sangat mengapresiasi langkah klenteng Hok Sian Kiong yang turut membantu masyarakat dan jiwa sosial yang tinggi, terutama pengobatan gratis. Kami berharap acara kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat dilakukan secara rutin, karena ini bisa menciptakan kerukunan antar umat beragama yang sangat erat”, harapnya.

(Gon)