Mojokerto (transversalmedia) – Waspada terhadap penyakit Pneumonia (radang paru-paru), karena peradangan paru-paru ini disebabkan oleh infeksi dan bisa menimbulkan gejala yang ringan hingga berat. Perlu diketahui, penyakit ini bisa menular yang menyebabkan kematian pada anak-anak. Dan cara pencegahannya dan perawatan dapat diobati sedini mungkin melalui imunisasi. Di belahan dunia, imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine atau PCV merupakan bagian dari program imunisasi rutin.

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia telah  merekomendasikan agar PCV masuk dalam program imunisasi rutin bagi anak di seluruh dunia. Yang bertujuan memberi perlindungan yang efektif untuk bayi dan anak-anak terhadap penyakit pneumonia.

Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Pemerintah (Dinkes PPKB) kota Mojokerto sudah melaksanakan imunisasi PCV dan HPV secara serentak di seluruh Puskesmas mulai akhir bulan September 2022 ini.

Kepala Dinkes PPKB Kota Mojokerto, dr Triastutik Sri Prastini Sp.A mengatakan, “Imunisasi PVC untuk mencegah terjadinya radang otak, radang paru, dan radang telinga. Sedangkan imunisasi HPV untuk mencegah terjadinya kanker serviks”, katanya. Selasa (11/10/2022).

Imunisasi PCV dosis pertama diberikan pada bayi usia dua bulan yang dimulai pada kelahiran Juli 2022. Sedangkan dosis kedua diberikan satu bulan setelah dosis pertama. Dan dosis ketiga diberikan saat usia 12 bulan. “Imunisasi diberikan secara gratis”, terangnya.

Bagi anak yang lahir sebelum bulan Juli 2022 bukan menjadi sasaran dari program pemerintah dalam imunisasi PCV. “Saat ini sasaran imunisasi dari program pemerintah ini hanya untuk anak kelahiran bulan Juli 2022 dan.setelahnya. Mudah-mudahan nanti yang kelahiran sebelum Juli 2022 juga mendapat imunisasi PCV gratis”, katanya.

Hasil laporan dari seluruh Puskesmas di kota Mojokerto, anak yang lahir pada Juli 2022 sebanyak 151, Agustus 2022 sebanyak 166, dan September 2022 sebanyak 176. “Sementara ini mereka yang menjadi sasaran imunisasi PCV”, tuturnya.

Sedangkan untuk imunisasi HPV diberikan pada siswi kelas 5 SD/MI. Dosis kedua diberikan 6 bulan kemudian setelah pemberian dosis pertama. “Semua siswi SD dan MI, baik sekolah negeri maupun swasta akan mendapatkan imunisasi HPV gratis”, pungkasnya. 

(Gon)