Mojokerto (transversalmedia) – Kedatangan Kirab Pasukan Tanda Kehormatan (Pataka) Pataka Jer Basuki Mawa Beya Optimis Jatim Bangkit di Pemerintah Kota Mojokerto, disambut hangat Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari di halaman Pendopo Sabha Mandala Tama. Rabu (5/10/2022). Dari 38 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, kota Mojokerto adalah salah satu menjadi kota ke-32 yang disinggahi panji-panji Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur.

Dibawa 10 orang dari tiga unsur, para tim kirab pataka sudah menempuh jarak mencapai 1.900 kilometer. Selanjutnya, tim kirab dari Kabupaten Jombang menyerahkan pataka kepada Wali Kota Mojokerto yang akrab dipanggil Ning Ita ini.

Ning Ita membacakan Ripta Prasasti yang memuat ‘Amanat Singkat’ Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. “Ripta Prasasti yang saya bacakan dari Gubernur Jawa Timur, tadi kan jelas harapannya Jawa Timur Bangkit kemudian maju. Dan kemajuan Jawa Timur merupakan komponen dalam rangka mendukung kemajuan Indonesia. Itu harapannya sesuai dengan Ripta Prasasti”, katanya.

Sebagai informasi, bendera pataka dikirab selama 26 hari, yakni sejak 16 September hingga 11 Oktober mendatang dan berakhir di Gedung Negara Grahadi Surabaya sekaligus upacara peringatan HUT ke-77 Jatim oleh Pemprov Jatim pada 12 Oktober 2022 mendatang.

Tujuannya terjalin sinergi dan kolaborasi untuk menjadikan Jatim jauh lebih kuat. Kirab bendera Pataka dilakukan selama 26 hari. Bendera yang dibawa keliling meliputi bendera merah putih, Pataka, Praja Wibawa Satpol PP, Satlinmas, Yudabramajaya Damkar, dan bendera dengan logo Hari Jadi Jatim ke-77 tahun.

Pataka tersebut terdiri dari bendera merah putih, Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Pataka Satuan Polisi Pamong Praja – Praja Wibawa, Pataka Perlindungan Masyarakat – Linmas, Pataka Satuan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan – Yudha Brama Jaya dan Bendera Logo Hari Jadi ke 77 Provinsi Jawa Timur.

(Gon)