Beranda Politik dan Pemerintahan <strong>Musrenbangkel Miji 2024 Serap Aspirasi 16 Usulan</strong>

Musrenbangkel Miji 2024 Serap Aspirasi 16 Usulan

0
<strong>Musrenbangkel Miji 2024 Serap Aspirasi 16 Usulan</strong>

Mojokerto (transversalmedia) – Pembahasan musyawarah perencanaan pembangunan kelurahan (musrenbangkel) Miji tahun 2024 tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan ada 16 usulan. 

Turut hadir dalam Musrenbang Kelurahan Miji, Kepala Bappeda Litbang Agung Moeljono Soebagijo SH MH, Camat Kranggan Suharno SH MH, Lurah Achmad Chalimi SH, Tokoh Masyarakat, Ketua RT/RW, Ketua LPM, Ketua TP-PKK Kelurahan, serta Karang Taruna setempat. 

Pada saat pembahasan yang dilaksanakan di Kelurahan Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Selasa (17/1/2023). adalah hasil kesepakatan pada Pra Musrenbang yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2023 lalu. Diantaranya terdiri dari 10 usulan pada bidang fisik, 5 usulan bidang ekonomi, serta 1 usulan bidang sosial budaya.

Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo saat memberi pengarahan Musrenbangkel mengatakan bahwa kehadiran masyarakat sangat penting, mengingat akan menentukan program-program pembangunan di tahun 2024.

Meski demikian, ia mengatakan dalam menyusun program -program pembangunan harus tetap memperhatikan dokumen perencanaan daerah yang sedang disusun, serta kemampuan keuangan daerah.

“Tentu saja di dalam menyusun program – program pembangunan ada batasan – batasan yang tidak boleh kita langgar, yaitu adalah dokumen perencanaan yang sedang kita susun, yang kedua adalah kemampuan keuangan daerah,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mojokerto Agung Moeljono menerangkan bahwa usulan pada Musrenbang akan disesuaikan dengan tema tahunan wali kota melalui Rencana Pembangunan Daerah 2024-2026.

Diketahui, tema atau arah kebijakan pada tahun 2024 adalah “menguatkan ketahanan dan pemerataan ekonomi masyarakat, dengan pengembangan rantai produksi pariwisata dan ekonomi kreatif melalui infrastruktur terintegrasi, transformasi digital, dan stabilitas sosial politik”. “Nantinya usulan Musrenbang ini harus disesuaikan dengan prioritas tahun 2024 tersebut,” pungkasnya.

Melalui Musrenbang, diharapkan dapat mengakomodir usulan kegiatan dari masyarakat dengan pendekatan dari bawah ke atas/bottom-up planning.

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here