Mojokerto (transversalmedia) – Gelora Ahmad Yani milik aset Pemerintah kota Mojokerto akan direhabilitasi dengan nuansa budaya kerajaan Majapahit. Kota Mojokerto adalah salah satu daerah yang akan ditempati sebagai ajang turnamen bergengsi Pekan Olahraga tingkat Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) kota Mojokerto, Mashudi SE MSi dengan didampingi Kepala Bidang Penataan Ruang, Bangunan dan Bina Konstruksi, Yustian Suhandinata, S.T, M.T. 

“Selain Gelora akan ditempati Porprov, bangunan ini juga sudah dalam keadaan banyak rusak sehingga perlu adanya perbaikan, menurut informasi selama 20 tahun belum ada proses rehabilitasi sehingga bangunan tetap itu hanya saja perawatan kecil-kecilan. Maka mantan Kepala Disporapar Pak Novi mengusulkan proses rehabilitasi”, katanya. Jumat (18/3/2023).

Selain itu pula, nantinya pengerjaan rehabilitasi akan dilakukan kurang lebih selama enam bulan, “Kemungkinan awal pengerjaannya dilakukan bulan April, jika itu ada pemenangnya loh, pada perjalanan pengerjaan jika adanya turnamen kita off dulu, setelah kelar tempatnya di pakai baru dilanjutkan lagi pengerjaannya”, jelasnya.

“Untuk kapasitas jumlah suporter kita tidak menambah, yang perlu adanya perbaikan itu atap di situ banyak yang keropos. Selain perbaikan kita adakan pembangunan baru untuk sisi timur pada ruang ganti pemain dari sisi utara maupun selatan, dan ruang pengelola, ruang wasit, ruang toilet”, tuturnya.

Tampak tribun Gelora A.Yani pada sisi Barat

Namun untuk tanah lapangan sendiri, belum ada sentuhan yang dikarenakan kapasitas anggaran menyesuaikan anggaran daerah. Untuk sementara rehabilitasi di tahun 2023 Gelora A. Yani itu sendiri diplotkan anggaran senilai 5,6 miliar dari nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) paket jadi hanya proses rehab. “Jadi kalau total ya perkiraan Rp 12 miliar. Setelah kita hitung”, ujarnya.

Perlu diketahui, Gelora A. Yani pada bulan Juli 2023 akan dijadikan tempat pertandingan sepuluh cabang olahraga salah satunya olahraga Hit Ball. Sehingga pengunjung berbagai wilayah khususnya daerah yang ada di Jawa Timur akan membludak di kota Mojokerto. 

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here