Mojokerto (transversalmedia) – Pemerintah kota Mojokerto mengundang masyarakat dalam Tabligh Akbar, hadir pula Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, ulama kondang asal Surabaya K.H. Imam Chambali atau yang akrab disapa Kyai Hambali, dengan didampingi oleh Abah Topan, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

Acara ini memperingati Nuzulul Qur’an 1444 H yang dilaksanakan besok Kamis malam (6/4/2023) di sisi barat alun-alun Kota Mojokerto. .

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari mengundang segenap masyarakat Kota Mojokerto dan sekitarnya yang dijadwalkan pada pukul 19.30 WIB. “Bapak-Ibu, Sedherek sedoyo, monggo rawuh. Monggo semuanya kita berkumpul, bermuhasabah diri, dan menjadikan momentum ini untuk meningkatkan kecintaan kita kepada Al Qur’an,” ujar wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini. Rabu (5/4/2023).

Terutama oleh kalangan umat Muslim, Nuzulul Qur’an merupakan istilah untuk peristiwa diturunkannya Mukjizat Al-Qur’an pertama kali oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Dalam sejumlah riwayat, menyebut jika peristiwa turunnya ayat 1-5 surat Al Alaq ini terjadi saat malam 17 Ramadhan.

Momentum Nuzulul Qur’an menjadi penuh makna bagi umat Islam. Mengingat, pentingnya peran Al Qur’an, yakni sebagai kitab panduan hidup umat Muslim sepanjang masa. Oleh karenanya, setiap tahun di bulan Ramadhan, pada tanggal tersebut umat Muslim akan memperingatinya sebagai Hari Turunnya Al Qur’an.

Lebih lanjut, dalam Tabligh Akbar kali ini masyarakat juga dihimbau untuk mengenakan pakaian atau busana bernuansa putih. Selain itu, Ning Ita juga mengajak untuk menjaga kebersihan lokasi acara.

“Jangan lupa… sedoyo, agar selalu menjaga kebersihan tempat acara. Ketika panjenengan rawuh, tempat sudah bersih. Maka, saat acara selesai juga seharusnya bersih”, pesan Ning Ita. 

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here