Beranda Pendidikan dan Olah Raga Tahun Ajaran Baru, Ning Ita Kasih Motivasi Momentum MPLS

Tahun Ajaran Baru, Ning Ita Kasih Motivasi Momentum MPLS

0
Tahun Ajaran Baru, Ning Ita Kasih Motivasi Momentum MPLS

Mojokerto (transversalmedia) – Pada momentum Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2023/2024, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak doa bersama bagi Para Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP negeri dan swasta se-kota Mojokerto di alun-alun. Senin (17/7/2023).

Tampak hadir Pimpinan dan ketua komisi III DPRD Kota Mojokerto, Sekdakot, Kepala CABDIN Pendidikan Wilayah Kab/Kota Mojokerto, Dewan Pendidikan, Ketua PGRI/MKKS, Pengawas Sekolah Jenjang SMP, Siswa/i SMP negeri dan swasta se-kota Mojokerto.

Pada kesempatan itu, para PPDB memakai seragam baru yang sudah diberikan secara gratis oleh Pemerintah kota Mojokerto melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Wali Kota yang akrab dipanggil Ning Ita ini menanyakan kepada para siswa, “Siapa yang memakai seragam baru ?”, tanyanya. “Saya’, jawab para siswa. 

Ning Ita mengatakan semua anak-anak memasuki jenjang PPDB telah diterima seratus persen. Yang artinya anak-anak sudah mengikuti program pendidikan dari SD, SMP Negeri dan swasta dengan layak.

“Anak-anakku sekalian hampir 2770, kalian berkumpul disini yang sebetulnya tidak banyak yang saling tahu”, jelasnya.

Pemerintah kota Mojokerto telah memberikan fasilitas pendidikan untuk seluruh murid-murid baru yang ada di kota Mojokerto mulai TK, SD/MI, SMP. “Kalian telah mendapatkan seragam gratis, tas gratis, ada yang bayar ?”, katanya. “Tidak”, serentak jawab para siswa.

Pemkot juga telah memberikan sepatu gratis bagi para siswa baru, “Belum dapat, ukurannya masih disesuaikan karena kakinya beda-beda”, tuturnya.

“Kalian juga dibebaskan lagi biaya pendidikan. Ini adalah jaminan dari pemerintah kota Mojokerto agar generasi kota Mojokerto kedepan menjadi generasi yang hebat, cerdas, dan bisa mendukung Indonesia generasi emas”, tegasnya.  

Sebagai informasi, selain doa bersama selanjutnya para siswa baru juga menikmati sarapan bersama wali kota. Mereka telah membawa bekal masing-masing, dengan menggunakan wadah makan dan botol minum yang dapat digunakan kembali.

Di samping itu diadakan juga kegiatan tanya jawab berhadiah. Mereka yang bisa menjawab akan mendapat hadiah utama kuota internet, sementara yang jawabannya salah berupa reusable botol.

Pada momen ini, Ning Ita juga memberi kuis berhadiah kepada para pelajar SMP baru. Ia memberikan hadiah kuota internet dan tumbler kepada siswa yang menjawab dengan benar. Pembukaan MPLS lebih menyenangkan lagi dengan sarapan bersama.

Ning Ita menambahkan, MPLS tahun ajaran 2023 ditutup dengan perkemahan Jumat dan Sabtu di masing-masing sekolah. “Di sana kalian akan ditempa, diberi ilmu bagaimana mandiri sejak dini dan bisa kerja sama dengan teman-teman kalian dibimbing kakak-kakak pembina Pramuka di sekolah masing-masing”, pungkasnya.

Perlu diketahui, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan bagi peserta didik baru ketika pertama kali masuk ke sekolah. yaitu berisi kegiatan yang edukatif, kreatif dan menyenangkan. MPLS ini digelar di semua jenjang sekolah, mulai dari paud/TK, SD, SMP, hingga SMA dan SMK. tahun ini MPLS  dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan tahun ajaran baru 2023/2024 serentak mulai tanggal 17-20 juli 2023, kemudian dilanjutkan kegiatan kepramukaan yaitu Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUSA) 21-22 juli 2023.

(Adv/Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here