Beranda Politik dan Pemerintahan Menparekraf Usulkan Mojo Batik Event Nasional dan Go Internasional

Menparekraf Usulkan Mojo Batik Event Nasional dan Go Internasional

0
Menparekraf Usulkan Mojo Batik Event Nasional dan Go Internasional

Mojokerto (transversalmedia) – Pada peringatan Hari Batik Nasional, tidak usah jauh-jauh datang ke ibukota untuk menonton event festival fashion model batik. Dihadirkan dengan desainer perancang busana kancah internasional Celebrity Designer Diana Couture (Diana M Putri asal kota Mojokerto) dan designer Isyam Syamsi, tampak Mojo Batik Festival menyerap ribuan wisatawan di berbagai belahan nasional di pusat kota, alun-alun kota Mojokerto. Sabtu malam (7/10/2023). 

Tampak hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Republik Indonesia (Menparekraf RI)  Sandiaga Salahudin Uno dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menikmati tontonan yang spektakuler. Kegiatan ini ditayangkan secara live Gema Media Diskominfo kota Mojokerto. 

Saat memberi sambutan, Menparekraf RI Sandiaga Uno membawakan pantun untuk kota Mojokerto, “Siang hari siapkan pidato, untuk pembukaan Mojo Batik Festival, Sungguh antusias dan kreatif warga kota Mojokerto, Mari kita promosikan batik hingga kancah internasional”, katanya saat melantunkan pantun.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya Pemerintah kota Mojokerto bersama seluruh masyarakat kota Mojokerto untuk terselenggaranya Mojo Batik Festival. Temanya ‘Batik Mojokerto Saatnya Mendunia’ tepat sekali karena UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan budaya yang  tak benda (intangible cultural heritage)”, ungkapnya.

Menurut Sandi, Subscriber fashion telah menyumbangkan 15 persen dari PDB atau faktor ekonomi di Indonesia, salah satu faktor ekonomi Indonesia telah menciptakan 25 juta lapangan kerja. Batik harus dilestarikan, ditingkatkan, go internasional.

“Saya mengusulkan Mojo Batik Festival menjadi event nasional menjadi bagian dari kharisma event nusantara adalah kumpulan event terbaik. Mirip bangsa kita jadi event internasional”, jelasnya.

Tampak Sandiaga Uno mengenakan batik karya pengrajin asal kota Mojokerto yang menggunakan motif temporary dan menggunakan bahan yang ramah lingkungan. 

Sementara Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan selamat 3 bulan tim Kemenparekraf telah memberikan pendampingan kepada UMKM kota Mojokerto Batik dan fashion turunan dan hasilnya ditampilkan malam hari ini. 

“Ada 36 batik yang akan tampil sebagai bentuk wujud dan kerjasama yang luar biasa Pemerintah kota Mojokerto dengan Kemenparekraf”, katanya.

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here