Beranda Politik dan Pemerintahan Agung Soecipto Jelaskan Raperda Partisipasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Agung Soecipto Jelaskan Raperda Partisipasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

0
Agung Soecipto Jelaskan Raperda Partisipasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Mojokerto (transversalmedia) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) menyampaikan penjelasan atas 3 Raperda inisiatif DPRD Tahun 2023.

Yang dimana berdasarkan paripurna yang diselenggarakan di Gedung DPRD Kota Mojokerto. Meliputi ; Pelindungan Produk Lokal, Pencegahan Dan Penganggulangan Stunting, Pelaksanaan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Wakil Ketua Komisi 1, Agung Soecipto mengatakan program Pembentukan Peraturan Daerah/Propremperda Kota Mojokerto Tahun 2023 sekaligus diharapkan mampu membawa nilai-nilai demokrasi dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kota Mojokerto.

“Dari Peraturan Daerah memang harus ada pertimbangan filosofis bahwa berdasarkan sila ke 4 Pancasila dan pasal  5 Undang-Undang Dasar Negara Republik  Indonesia Tahun 1945 maka negara menjamin  setiap warga negara bersamaan kedudukannya dalam pemerintahan dan juga turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan”, katanya saat ditemui diruang komisi 1. Senin (7/11/2023).  

Menurut politisi PKS ini menjelaskan Pertimbangan Sosiologis, masyarakat memiliki kesempatan yang sama dalam pemerintahan sehingga tercapai suatu tata kelola pemerintahan yang baik, maka pemerintah daerah dalam menjalankan  kewenangannya mendapatkan dukungan dari masyarakat dan membuka peran serta masyarakat seluas luasnya

“Dijelaskan pula dari sisi perlu adanya pertimbangan Yuridis, mulai partisipasi masyarakat yang  terakomodasi di dalam suatu Peraturan Daerah  untuk berperan aktif dan menyalurkan aspirasi  masyarakat sehingga tercipta kebijakan yang  tepat guna, berorientasi pada kemajuan dan  kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kota  Mojokerto”, pungkasnya.

(Adv/Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here