Beranda Politik dan Pemerintahan Kemenpan RI Mengapresiasi Ikhtiar kota Mojokerto, Nilai Sakip Meningkat Cukup Signifikan

Kemenpan RI Mengapresiasi Ikhtiar kota Mojokerto, Nilai Sakip Meningkat Cukup Signifikan

0
Kemenpan RI Mengapresiasi Ikhtiar kota Mojokerto, Nilai Sakip Meningkat Cukup Signifikan

Mojokerto (transversalmedia) – Dari evaluasi  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), Pemerintah kota Mojokerto telah mendapatkan nilai yang cukup signifikan. 

Dari evaluasi pertama, dipaparkan secara langsung oleh Wali Kota Ika Pupitasari bersama Sekretaris daerah Gaguk Tri Prasetyo AMD MM di hotel Vasa Surabaya pada tanggal 25 September 2023.

“Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) telah mengapresiasi usaha atau ikhtiar Pemerintah kota Mojokerto. Dari tahun 2022-2023 memang ada peningkatan yang cukup signifikan dari nilai Sakip kota Mojokerto”, kata Kepala Bagian Organisasi – Sekretariat Pemkot Mojokerto, Febriananda Tejo Pratiwi, S.STP, M.Si. Rabu (8/11/2023).

Menurut Febri, dari evaluasi yang kedua melalui daring bersama dengan Kemenpan RB, ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki. “Namun secara teknis saja namun akan kita lanjuti hal itu. kemungkinan awal desember akan pengumuman akan diterima langsung oleh Ibu Wali Kota”, ungkapnya.

Dijelaskan dari penilaian Sakip itu sendiri terdapat empat komponen yakni ; mulai dari perencanaan, pengukuran kinerja, pelaporan, dan evaluasi.

“Dari penilaian ini ada data dukungnya, terus juga penyampaian paparan Ibu Wali juga secara kebijakannya, dan Pak Sekda secara sakipnya, terus Kepala Bappeda litbang bagian pengukuran kinerja. Apa yang disampaikan beliau-beliau dinilai Kemenpan RB. Dari hasil evaluasi ada beberapa yang kita tindaklanjuti”, tuturnya.

Menindaklanjuti hasil pembenahan dari evaluasi akan dalam minggu ini akan dikirimkan ke Kemenpan RB.  

(Gon)   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here