Beranda Politik dan Pemerintahan Persiapan Lalin Nataru 2023, Dishub kota Mojokerto Siapkan ini ?

Persiapan Lalin Nataru 2023, Dishub kota Mojokerto Siapkan ini ?

0
Persiapan Lalin Nataru 2023, Dishub kota Mojokerto Siapkan ini ?

Mojokerto (transversalmedia) – jelang peringatan hari natal dan tahun baru 2024, yang mana peringatan tersebut akan dipadati puncak arus mudik dan balik. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto telah mempersiapkan Posko Pengamanan (Pospam) Terpadu selama Libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Bukan hanya itu saja, Dishub juga melengkapi 11 simpang yang tersebar di sejumlah wilayahnya dengan Area Traffic Control System (ATCS). 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto, Drs Endri Agus Subianto mengatakan setidaknya ada empat Pospam yang nantinya juga bersama Satlantas Polresta Mojokerto, yakni di alun-alun, stasiun, sunrise mall dan sekar putih.

“Di pospam itu selama 24 jam ada petugasnya, memonitor pergerakan arus lalu lintas selama libur Nataru. Puluhan petugas kita akan siaga mulai 22 Desember 2023 sampai 4 Januari 2024”, katanya. Selasa (19/12/2023).

Sedangkan, sebanyak 66 CCTV disebar di 18 titik lokasi. Masing-masing terdiri dari 16 kamera PTZ yang bisa menjangkau segala arah dan 50 kamera fixed yang standby 24 jam.

Diprediksi volume kendaraan puncak arus mudik di Kota Mojokerto akan meningkat terutama pada 24-31 Desember 2023. Oleh karena itu, pemasangan ATCS di 11 simpang traffic light sangatlah membantu. Selain juga, menyiapkan rekomendasi jalur alternatif jika dibutuhkan.

“Kami lakukan pengaturan Lalin dari CC room Kantor Dishub dengan melibatkan 10 petugas secara bergiliran”, jelasnya.

Saat ini, sistem yang dirancang secara terpadu berupa pengaturan arus lalu lintas ini telah tersebar di 11 titik yang dilengkapi 66 unit closed-circuit television (CCTV). 

’’Petugas dapat mengurai kemacetan kendaraan dengan mengatur durasi traffic light. Jadi, kalau ada kemacetan panjang, waktu lampu hijau akan kita tambah agar kendaraan bisa terurai,’’ imbuhnya. 

ATCS tersebar di 11 titik. Meliputi simpang Gajah Mada-Empunala, Simpang Gajah Mada-Pemuda, simpang Mojopahit-Kartini, simpang Mojopahit-Yos Sudarso, simpang Mojopahit-Bhayangkara.

Selain itu, ATCS juga terpasang di simpang Pahlawan-Tropodo, simpang Pahlawan-Raden Wijaya, simpang Surodinawan-KH Usman, simpang Brawijaya-Tribuana Tunggadewi, simpang Letkol Sumarjo-WR Supratman-Taman Siswa, serta simpang Empunala-Semeru-Benteng Pancasila.

’’Rencananya ATCS juga akan kami tambahkan di simpang Brawijaya-Prapanca untuk jalur menuju jalur wisata Taman Bahari Mojopahit (TBM)”, tuturnya.

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here