Mojokerto (transversalmedia) – DPRD kota Mojokerto mengapresiasi langkah KPU Kota Mojokerto telah meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pemilu tahun 2024. Karena telah menorehkan partisipasi yang melampaui target nasional.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Kota Mojokerto dari komisi I, Agung Soecipto S.Or. “Kita pasti tahu karena partisipasi masyarakat soal pemilu ini jadi meningkat, jadi ya kita patut apresiasilah”, katanya. Rabu (20/3/2024).

Perlu diketahui, Yang mana partisipasi pemilih Presiden dan Wakil Presiden RI mencapai 88,90 persen dari Daftar Pemilihan Tetap (DPT) 104.629. Sedangkan, untuk pemilihan DPR RI 88,48 persen, untuk pemilihan DPD 88,76 persen, untuk pemilihan DPRD Provinsi 88,45 dan 87,79 persen untuk pemilihan DPRD Kota Mojokerto.

“Tingginya angka partisipasi masyarakat kota Mojokerto soal pemilu tahun 2024 kemarin, adanya faktor pendukung yang melibatkan stakeholder, yaitu pemerintah daerah, TNI-Polri, Media, LSM yang turut ikut melakukan sosialisasi dengan semua elemen masyarakat dalam rangka membantu mensukseskan penyelenggara pemilu tahun 2024”, tuturnya.

Sementara itu, anggota komisioner Divisi Sosdikli Parmas dan SDM, KPU Kota Mojokerto, Muhammad Awaludin Zahroni mengatakan pencapaian partisipasi masyarakat yang tertinggi yaitu Pilpres serta DPRD Kota Mojokerto.

“Masyarakat Kota Mojokerto tercatat sebagai pemilih dengan partisipasi sangat tinggi, dalam Pemilu 2024 lalu, melebihi angka target partisipasi nasional. Kalau target nasional sih 85 persen artinya kita sudah melampaui ”, katanya.

Ia juga mengatakan partisipasi pemilih dalam pemilu dan pemilihan adalah tanggung jawab bersama antara penyelenggara pemilu, pemerintah, partai politik dan segenap warga negara. Untuk itu partisipasi tidak bisa dibebankan kepada salah satu pihak, semua harus bersatu padu melakukan strategi sesuai kapasitas masing-masing.

(Adv/Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here