Mojokerto (transversalmedia) – Pemerintah kota Mojokerto melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) kota Mojokerto telah mencetak kader yang teladan bagi kalangan remaja, yaitu grand final ‘Pemilihan Duta Genre kota Mojokerto tahun 2024’. Kegiatan di selenggarakan di di Sabha Mandala Madya Balai Kota Mojokerto. Rabu (6/3/2024).

Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo ATD MM mengatakan dalam rangka kegiatan grand final ‘Pemilihan Duta Genre kota Mojokerto tahun 2024’, Pj. Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro S.STP, MSi tidak bisa hadir secara langsung dan menugaskan dirinya selaku Sekdakot Mojokerto.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Pemerintah kota Mojokerto melalui Dinas kesehatan, dan kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat strategis dan sangat penting sekali. Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat kota Mojokerto, utamanya kalangan remaja”, katanya.

Di jelaskan, berbagai macam masalah yang ditemukan dengan remaja mulai permasalah reproduksi, pergaulan bebas, narkoba hingga juga terorisme dan kenakalan remaja.

“Ini masalah-masalah sosial yang ini tentunya menjadi perhatian pemerintah kota Mojokerto, khusus untuk yang melibatkan permasalahan remaja maka lebih tepat penanganannya juga melibatkan remaja. Oleh karenanya para remaja ini kita persiapkan segala permasalahan yang akan dihadapi dan solusi apa yang harus dilakukan”, tuturnya.

Maka Pemkot Mojokerto melalui Dinkes PPKB membentuk kader-kader duta, membentuk perwakilan remaja yang nantinya menjadi rule model di tengah-tengah lingkungan remaja.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) kota Mojokerto, dr. Farida Mariana, M.Kes mengatakan kegiatan ‘Pemilihan Duta Genre kota Mojokerto tahun 2024’.

“Walaupun event ini dilaksanakan kota Mojokerto sedang mengalami musibah banjir. Kami sampaikan apresiasi kepada tim kami terutama kepada bidang P2KB ini luar biasa solid, juga tim pembina kita seluruh tim yang sudah menyiapkan acara yang luar biasa ini”, katanya. 

Dikatakan, hal ini tidak menyurutkan semangat seluruh tim yang hadir di ruangan ini, untuk bisa menyelenggarakan event pemilihan duta genre tahun 2024 ini yang penuh sukses dan tentunya penuh semangat. 

“Kegiatan pada hari ini, di ikuti perwakilan duta genre yang di kota Mojokerto. Jadi kita ada 3 kelurahan juga ada beberapa sekolah yaitu SMP dan SMA yang keseluruhannya ada 37 pig R yaitu kelompok-kelompok remaja yang sudah tereduksi menjadi kelompok leader remaja yang bisa mengajak remaja yang siap menjadi remaja generasi KB”, jelasnya.

Menurut mantan kepala Puskesmas Blooto ini mengatakan, dari 37 kelompok ini kemudian diberi pembinaan. Kemudian terpilihlah perwakilan yang siap bertanding. “Kami berharap terpilihnya duta genre kota Mojokerto yang terbaik, yang nanti jika terpilih akan siap kita ke tingkat Provinsi dan semoga malah ke tingkat Nasional”, harapnya.

Perlu diinformasikan,  Ketua TP PKK Nia Wayanti Ali Kuncoro dikukuhkan sebagai sosok bunda genre kota Mojokerto.

“Kami yakin adanya sosok ibu, bunda genre akan bisa membawa jauh lebih baik kedepan”, tegasnya.

Perlu diketahui, bagi juara duta genre yaitu : 

Juara 1 Duta Genre Putra : Satria Putra Pratama

Juara 1 Duta Genre Putri : Udiana Maesa Surya Ayu

Juara 2 Duta Genre Putra : Exel Zinkui Efendi

Juara 2 Duta Genre Putri : Merlyn Velani

  • Duta Genre Influencer : Yaisy Erdi Kichi
  • Duta Genre Inspirator : Tiara Hidayah Wicaksania
  • Duta Genre Intelegensia : Evelyn Gabriella Riyanto
  • Duta Genre Persahabatan : Alex Steventio

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here