Mojokerto (transversalmedia) – Pemerintah kota Mojokerto akan membangun galeri Soekarno di SDN Purwotengah jalan Taman Siswa No.6, Purwotengah, Kecamatan. Magersari, Kota Mojokerto. Tahun 2024 akan sudah terbangun galeri Sukarno di masa sekolah Presiden pertama Republik Indonesia ini.

“Pak Pj tadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) persiapan pembangunan galeri Soekarno dan ini tadi memaparkan paket perencanaan, ini tadi ada masukan-masukan Pak Pj dan nanti kita akan sesuaikan”, kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota Mojokerto, Ruby Hartoyo, S.Sos. MM. Jumat (26/4/2024).

Pembangunan sangat serius dikerjakan, dengan menggelontorkan pagu anggaran 2,8 miliar. Disdikbud sudah menyerah ke pengadaan belanja daerah untuk ditayangkan e-katalog pada 1 mei 2024. “Jadi bulan pertengahan bulan mei sudah ada kontrak kerja dengan pemenang dan pelaksanaan sekitar 60 sampai 90 hari lalu offnya dilanjutkan diambil sama pihak Kementerian untuk konten-konten galeri yang ada di dalamnya”, jelasnya.

Ia menambahkan puncak peringatan hari pahlawan, 10 November 2024, diharapkan semua sudah beres untuk diresmikan.

Perlu diketahui, SDN Purwotengah merupakan cagar budaya yang tidak boleh di rombak. “Jadi kita buatkan interior di dalamnya sehingga tidak merombak tembok yang aslinya sehingga kita akan pasang instalasi listriknya sehingga tidak merombak tembok cagar yang sudah ada”, tuturnya.

Di informasikan, kelurahan Purwotengah, Kecamatan Kranggan menjadi saksi sejarah dari tapak tilas masa kecil Soekarno di Kota Mojokerto. Tak sekadar menjadi ikon, nilai histori dari tokoh berjuluk putra sang fajar ini juga dikembangkan untuk menyokong ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata.

Wisatawan tak hanya datang dari tingkat lokal dan regional, tetapi kunjungan juga datang dari tamu-tamu nasional. SDN Purwotengah masih berpotensi untuk terus disinggahi pelancong.

Mengingat, bangunan yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya tingkat kota ini kini juga bakal dikembangkan menjadi Galeri Soekarno Kecil dari hasil kolaborasi Pemkot Mojokerto dengan Kemendikbud Ristek RI.

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here