Mojokerto (transversalmedia) – Peringati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 berlangsung khidmat, Pemerintah kota Mojokerto melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) mendukung pada perayaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) tepat pada pukul 00.00 WIB hari sabtu (17/8/2024) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajah Mada, jalan Pahlawan No. 10 kota Mojokerto.

Kepala Dinsos P3A kota Mojokerto, Choirul Anwar, SH, M.Si mengatakan kegiatan upacara AKRS untuk menghormati para pahlawan kemerdekaan yang telah gugur. Selain itu, juga sarana untuk mengenang jasa para pejuang untuk diteladani bersama. 

“Kegiatan ini merupakan leading sektor Dinsos P3A atau kita yang memfasilitasi dan kegiatan ini diikuti oleh Forkopimda Kota dan Kabupaten Mojokerto, untuk inspektur upacara yaitu Danrem 082/CPYJ Mojokerto, Kolonel Inf Heri Rustandi”, katanya.

Lebih lanjut, Anwar menjelaskan tidak hanya mengenang arwah para pahlawan, tetapi juga meneladani apa yang telah para pejuang perjuangkan. Tentunya demi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang lebih baik lagi kedepannya.

“Peserta upacara sangat antusias di tahun ini. Contohnya sebelum upacara dimulai peserta sudah ada yang hadir dari pukul 22.00 WIB di taman makam pahlawan. Dibandingkan dengan tahun-tahun kemarin tahun ini lebih greget”, ujarnya.

Sementara, memberi Danrem 082/CPYJ Mojokerto, Kolonel Inf Heri Rustandi memberi keterangan saat upacara AKRS. Para pahlawan Nusa dan Bangsa yang telah bersemayam di taman makam pahlawan ini sebanyak, 1. TNI 940 pahlawan, 2. Polri 25 pahlawan, 3. tidak dikenal 182 pahlawan, 4. Wredatama 15 pahlawan, 5. Laskar 85 pahlawan, jumlah 1.247 pahlawan. 

“Begitupun para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di Kota-Kota, di Dusun-Dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah harai, dan di dasar-dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan saudara-saudara dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagian Nusa dan Bangsa. Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan kami juga, kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya”, katanya.

(Gon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here