image_pdfimage_print

Mojokerto (Transversalmedia) – Bertepatan hari lahir Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) ke 25, APKLI menggelar Kirab Merah Putih Kolosal dengan tema nuansa sejarah nusantara yaitu kerajaan Majapahit, di Komplek makam Siti Inggil hingga pendopo Agung Trowulan, Minggu (25/01/2018).

Dengan nuansa budaya kerajaan Majapahit, Presiden APKLI Dokter Ali Mahsun berperan menjadi Raja Pedagang Kaki Lima (PKL), dari pantauan transversalmedia.com Raja menunggangi kuda menuju pendopo yang diiringi ratusan pengawal kerajaan dengan di hadiri ribuan PKL berbagai wilayah Indonesia.

Diiringi arak-arakan kurang lebih 3 KM, Raja membacakan surat wasiat atau dikenal surat sakti yang diibaratkan sumpah amukti palapa didepan massa PKL, ”Saatnya Indonesia berdaulat yang diawali oleh pedagang kaki lima, sebagai warga negara dan menopang perekonomian negara, PKL menjadi kekuatan yang luar biasa, oleh karena itu, PKL wajib melakukan revolusi ekonomibagi kedaulatan bangsa, wajib memperjuangkan haknya sebagai warga negara dan menjaga kedaulatan Negara Kedaulatan Republik Indonesia,” ucapnya Presiden Dokter Ali.

baca juga:  Viral, Video Siksaan Gadis Remaja

Sang raja juga menerima pusaka peninggalan Majapahit berupa keris yang penyerahannya dilakukan melalui prosesi ritual.

Setelah menerima pusaka, sang raja berjalan menuju pendopo Agung dengan didampingi para dayang dan pengawalan dari punggawa dan prajurit. Lantas sang raja menyalakan obor kejayaan. Dan menonton tari Majapahit.

(Gon)

image_pdfimage_print

Silahkan komentar dengan login FB