Mojokerto (transversalmedia) –  Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) menggelar webinar bersama Sandiaga Uno (Cak Sandi) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) membahas  pembangunan pariwisata di Kota Mojokerto.

Webinar via zoom dengan tema Ngobrol Penuh Inspirasi (Ngopi) Bareng Cak Sandi dan Ning Ita Menuju Mojokerto Kota Pariwisata dihadiri oleh Wakil Wali Kota Cak Rizal, Pj Sekda dan pimpinan OPD lainnya, Jumat (16/7/2021).

Dalam paparannya Ning Ita  menjelaskan sejumlah potensi wisata di Bumi Majapahit tersebut. Ning Ita juga memaparkan sejumlah event dan kegiatan-kegiatan budaya yang rutin dilaksanakan seperti Festival Mojotirto, Kirab Budaya Mojobangkit, Parade Lintas Budaya, Mojobatik Festival, Drama Kolosal Mojopahit, dan kegiatan budaya lainnya.

Selain itu Ning Ita juga mengatakan pembangunan dan pengembangan pariwisata juga terus dilakukan seperti revitalisasi Pemandian Sekarsari, Galeri Soekarno Kecil yang berada di SDN Purwotengah, Skywalk Mojopahit sebagai wisata kuliner, dan pembangunan Taman Budaya yang menjadi bagian integral dari Wisata Bahari Majapahit yang masuk dalam proyek strategis nasional.

Lokasi Kota Mojokerto yang strategis, hanya sekitar 30 menit dari Bandara Juanda via tol, Ning Ita yakin dengan kerja sama dan dukungan Kemenparekraf wisata Kota Mojokerto akan semakin berkembang pesat.  “Kami berharap, ada 1 kegiatan atau event dari Kemenparekraf yang dilaksanakan di Kota Mojokerto,” kata Ning Ita.

Selain pariwisata, Ning Ita juga gencar membangkitkan ekonomi kreatif dan sektor UMKM. Melalui sejumlah kegiatan pendampingan dan pelatihan bagi UMKM dan sektor ekonomi kreatif, diharapkan akan muncul sektor-sektor perekonomian baru dan terjadi peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Kami sampaikan ke Cak Sandi bahwa hampir 100 produk UMKM kami sudah masuk swalayan dan Mall,” kata Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini.

Webinar Ngopi Bareng Cak Sandi dan Ning Ita juga menghadirkan sejumlah komunitas dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Mojokerto. Kepada Cak Sandi, pelaku ekonomi kreatif dan UMKM menyampaikan sejumlah persoalan yang dihadapi selama pandemi Covid-19 ini.

Oleh karena itu, kepada seluruh peserta webinar Ngopi, Cak Sandi yang turun full tim dengan membawa belasan Deputi dan Pejabat Madya di Kemenparekraf, mengatakan seluruh pertanyaan dari komunitas langsung akan dijawab oleh pejabat terkait.  “Jadi dalam kesempatan webinar ini saya turun full tim dengan belasan pejabat di Kemenparekraf,” kata Cak Sandi.

Kedepan kolaborasi seperti ini terus terjalin dengan baik  untuk peningkatan dan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih maju, Lanjutnya. “ Untuk ini ada tim saya untuk bisa berkomunikasi lebih lanjut terkait apa saja yang perlu untuk dikembangkan dan dikoordinasikan. Pertanyaan lain yang belum sempat tersampaikan silahkan dikomunikasikan, terkait dengan pelatihan, pengembangan SDM dan lainnya kepada kami,” pesannya.

Webinar bertajuk  Ngopi ini, selain terpantau juga dihadiri ratusan peserta yang ingin mendengarkan dan berinteraksi langsung dengan Ning Ita Walikota Mojokerto dan Cak Sandi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam pengembangan dan peningkatan dunia kepariwisatan serta industri kreatif di Bumi Majapahit ini.